Surat undangan: jenis, perbedaan dan struktur

  • Share

Secara umum surat undangan adalah surat yang berisi ajakan, permintaan, atau ajakan agar pihak yang dituju dapat ikut serta dalam kegiatan pengirim.

Surat undangan ini biasanya diproduksi dalam jumlah banyak. Orang yang ditugaskan untuk membuat surat undangan biasanya hanya menuliskan alamat orang atau pihak yang dituju. Jika ada penandatangan, mengingat jumlahnya yang banyak, bisa dilakukan dengan cap tanda tangan sehingga cukup bagi pejabat tata usaha negara.

Surat-undangan-jenis,-perbedaan-dan-struktur

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat undangan.

Ini jelas menyatakan penggunaan bahasa yang sopan, identitas yang diundang dan maksud undangan, termasuk lokasi, waktu, dan bentuk acara.
Baca juga:
Metode ilmiah: syarat dan langkah

Berbagai surat undangan

Secara fungsional, ada dua jenis surat undangan. Surat undangan bersifat pribadi dan surat undangan bersifat resmi.

Surat undangan pribadi adalah surat permohonan keikutsertaan dalam acara kerabat atau keluarga.

Misalnya undangan khitanan, pertunangan, pesta ulang tahun, pernikahan, anniversary pernikahan dan sejenisnya.

Sedangkan surat undangan resmi adalah undangan dari suatu instansi atau organisasi untuk kepentingan dinas, baik kepada organisasi lain maupun kepada perorangan. Karakternya dengan demikian menyerupai surat resmi, yaitu mendukung hubungan resmi atau bisnis.

Contohnya adalah surat undangan rapat umum pemegang saham, bisnis, rapat atau gathering, undangan resmi, dan lain-lain.

Perbedaan antara surat undangan resmi dan surat undangan pribadi

Karena kedua jenis surat undangan ini memiliki tujuan yang berbeda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa perbedaan antara keduanya?

Surat undangan resmi harus memuat kop surat dengan nama lengkap

dan alamat institusi.
Surat undangan resmi disertai dengan presentasi surat yaitu nomor surat, lampiran dan halaman.
Pembuka surat undangan resmi bersifat formal, misalnya, “Dengan Hormat”, “Salam, atau” Salam, “sementara undangan pribadi lebih bebas dan lebih mudah beradaptasi.

Bahasa surat undangan resmi lebih ringkas, langsung dan tegas untuk menghindari kesan panjang lebar. Sementara surat undangan pribadi menggunakan surat yang mengandung seni, mereka beragam dan halus.
Penutup surat undangan resmi bersifat formal, seperti “Hormat kami”, disertai dengan identitas dan jabatan yang berwenang. Sedangkan undangan pribadi gratis.
Surat undangan resmi harus memuat stempel atau stempel badan yang bersangkutan sesuai dengan kedudukan wakil yang berwenang dalam badan tersebut.

Struktur surat undangan

Secara umum, baik surat undangan resmi maupun surat undangan pribadi memiliki struktur pembuka, utama, dan penutup. Namun, surat undangan resmi lebih tegas dan formal.

Surat undangan resmi memiliki struktur yaitu kop surat, tanggal surat, nama dan penerima, isi surat, waktu dan tempat, lampiran atau agenda, stempel dan tanda tangan.

Sedangkan surat undangan pribadi memuat susunan tempat dan tanggal surat, alamat pos, salam, teks surat, salam penutup dan nama pengirim dengan tanda tangan.

 

Lihat Juga :

gb whatsapp

gb whatsapp

gb whatsapp

gb whatsapp

gb whatsapp

 

 

  • Share