Download Soal IPS Kelas 7 Semester 1 dan 2

  • Share

Soal IPS kelas 7 memang selalu menarik untuk dibahas karena ini adalah titik awal dari seorang peserta didik untuk mengembangakan minat dan bakatnya dalam mata pelajaran tersebut. IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial memang menjadi salah satu mata pelajaran yang wajib untuk didalami.

Mata pelajaran IPS ini memberikan dampak besar bagi siswa untuk melakukan pengembangan diri dan memahami sosial antropologi secara lebih mendalam. Karena itulah materi IPS ini masih bersifat umum pada kelas 8 karena cakupan pengetahuan sosial ini memang sangat luas.

Modul Mata Pelajaran IPS Kelas 7

Modul-Mata-Pelajaran-IPS-Kelas-7

Membahas soal IPS tentu wajib juga membahas modul yang ada di dalam mata pelajaran IPS itu sendiri. Sejauh ini pemerintah telah membagi modul di dalam pelajaran sosial menjadi 14 bagian. Setiap bagian tentu memiliki peranannya masing-masing dalam memberikan stimulus pada siswa.

Sudah tentu soal-soal yang dibuat juga akan mengacu pada 14 modul IPS ini. Karena itulah penting bagi Anda untuk memahami apa saja modul yang sudah dibuat agar bisa membuat soal yang berkualitas dan sesuai dengan kompetensi dasar.

Dikutip dari kemdikbud.go.id/, lima modul pertama pada materi IPS untuk kelas 7 membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan letak geografis, karakteristik kependudukan dan sumber daya alam.

Sedangkan modul lainnya berkaitan dengan interaksi dan lembaga sosial dalam negeri ini. Ada juga modul yang membahas tentang ekonomi dan minat kewirausahaan serta sejarah Indonesia. Berikut ini modul-modul tersebut :

  • (Modul 1) Letak Wilayah dan Keadaan Alam Indonesia
  • (Modul 2) Keadaan Alam Wilayah Indonesia
  • (modul 3) Letak Indonesia dan Sumber Daya Alam
  • (Modul 4) Keadaan Penduduk Indonesia
  • (Modul 5) Interaksi Antar Ruang dan Dampaknya
  • (Modul 6) Interaksi Sosial
  • (Modul 7) Lembaga Sosial
  • (Modul 8) Konsep Kebutuhan dan Kelangkaan
  • (Modul 9) Kegiatan Ekonomi
  • (Modul 10) Permintaan, Penawaran, Pasar, dan Harga
  • (Modul 11) Peran Kewirausahaan
  • (Modul 12) Kehidupan Sosial pada Masa Pra Aksara
  • (Modul 13) Kehidupan Sosial pada Masa Hindu-Budha
  • (Modul 14) Kehidupan Sosial pada Masa Islam

Perancangan Soal IPS kelas 7 tentu harus berdasar pada indikator kompetensi dari ke-14 modul tersebut. Tentu saja porsi soal yang diambil bisa disesuaikan dengan alokasi waktu yang dimiliki oleh masing-masing modul yang sudah diajarkan kepada siswa.

Semakin lama alokasi waktu yang diberikan pada setiap modul, tentu akan semakin banyak juga jumlah soal yang bisa diberikan. Sebaliknya kalau alokasi waktu yang diberikan tidak terlalu banyak, tentu porsi soalnya juga jauh lebih sedikit.

Memahami Penilaian Akhir Semester

Memahami-Penilaian-Akhir-Semester

Untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa, Penilaian Akhir Semester (PAS) sangatlah dibutuhkan. Penilaian satu ini biasanya dilakukan pada setiap akhir semester. PAS ini biasanya berbentuk serangkaian pengolahan informasi yang harus dipenuhi oleh peserta didik.

Keberadaan dari Penilaian Akhir Semester ini mengacu pada PP Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Di dalam PP tersebut dijelaskan bahwa penilaian pendidikan yang dilakukan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah mengacu pada :

  1. Penilaian hasil belajar oleh pendidik
  2. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan
  3. Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah

Penilaian hasil pembelajaran tersebut bertujuan untuk mengukur tingkat kesuksesan proses KBM yang dilakukan oleh para pengajar di siswa. Tujuannya tentu saja untuk menciptakan proses pembelajaran yang efisien dan efektif.

Penilaian akhir semester ini bertujuan untuk menilik hasil belajar siswa secara detail, Biasanya ujian dikemas dalam bentuk soal tertulis yang harus diisi oleh siswa. Metode jawabannya bisa pilihan ganda, bisa juga essay.

Sedangkan untuk penilaian keterampilan, biasanya satuan pendidikan akan melakukan penilaian terhadap portofolio, penilaian hasil proyek dan unjuk kerja. Hasil analisis dan pengolahan inilah yang kemudian dijadikan acuan untuk nilai rapor.

Tujuan Penilaian Akhir Semester

Tujuan-Penilaian-Akhir-Semester

Bagaimanapun juga, Penilaian Akhir Semester atau PAS ini memiliki tujuan yang sangat penting dalam mengukur kesuksesan pembelajaran siswa. Penting bagi para pengajar untuk memahami apa saja tujuan penilaian akhir semester ini. Berikut ini tujuan-tujuan tersebut :

  1. Mengukur tingkat kemajuan peserta didik dan hasil belajarnya
  2. Melakukan diagnosa terhadap kendala belajar yang dialami siswa
  3. Memberikan umpan balik atau perbaikan yang jelas terhadap proses belajar mengajar
  4. Memberikan motivasi belajar yang jelas kepada para siswa

Pada dasarnya Penilaian Akhir Semester ini sendiri merupakan bagian dari pembelajaran terhadap siswa. Penilaian satu ini juga salah satu ini dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sudah dibuat oleh para pengajar 6 bulan sebelumnya.

Prinsip Penilaian Akhir Semester

Prinsip-Penilaian-Akhir-Semester

Selain memahami apa saja tujuan dari pelaksanaan Penilaian Akhir Semester ini, penting juga bagi Anda untuk memahami apa saja prinsip dasar dari pelaksanaan PAS itu sendiri. Berikut ini beberapa prinsip yang harus dipenuhi tersebut.

  1. Valid
  2. Objektif
  3. Transparan/terbuka
  4. Adil
  5. Terpadu
  6. Menyeluruh dan berkesinambungan
  7. Bermakna
  8. Sistematis
  9. Akuntabel
  10. Beracuan kriteria

Dengan mengacu pada prinsip-prinsip Penilaian Akhir Semester mapel IPS kelas tujuh yang sudah kami jelaskan di atas, diharapkan pengajar bisa lebih detail dalam merancang soal-soal yang diberikan kepada para peserta didik nantinya.

Tahapan Penyusunan Soal IPS kelas 7

Tahapan-Penyusunan-Soal-IPS-kelas-7

Dalam penyusunan soal IPS untuk kelas 7 ini tentu ada beberapa tahapan yang harus Anda ikuti. Tahapan-tahapan ini tidak boleh terlewatkan sedikitpun karena bisa berpengaruh besar terhadap kualitas soal yang dibuat nantinya.

1. Penyusunan kisi-kisi

Penyusunan kisi-kisi bertujuan untuk menjadi pedoman penulisan soal agar soal yang dibuat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang sudah dilakukan sebelumnya.

2. Penulisan soal

Setelah kisi-kisi dibuat kemudian kita bisa lanjut ke tahap penulisan soal. Fase ini sebenarnya hanya berisikan soal-soal mentah yang harus direview lagi nantinya.

3. Telaah dan Perbaikan

Setelah soal-soal mentah selesai dibuat, para pendidik melakukan penelaahan terhadap soal tersebut secara kualitatif untuk mendapatkan soal-soal yang terbaik.

4. Perakitan Soal

Fase selanjutnya adalah melakukan perakitan soal yang akan diujikan kepada para siswa. Para fase ini dimasukkan juga soal yang berperan sebagai linking antara paket satu dengan paket lainnya.

5. Uji Coba Soal

Dari sini kita bisa lanjut ke fase uji coba soal yang sudah disusun. Tentu saja uji coba soal ini dilakukan jauh sebelum Penilaian Akhir Semester itu sendiri dilakukan.

6. Analisis kuantitatif

Setelah fase uji coba dilewati, selanjutnya kita bisa lanjut ke fase analisis kuantitatif. Tentu saja analisis ini berdasar pada data empirik hasil uji coba sebelumnya.;

7. Seleksi Soal

Fase terakhir yang harus dilakukan adalah seleksi soal. Ini merupakan fase akhir dari metode penulisan dan perancangan soal tersebut.

Download Soal IPS Kelas 7 Semester 1

Download-Soal-IPS-Kelas-7-Semester-1

Download Soal IPS Kelas 7 Semester 1

Kunci Jawaban Soal IPS Kelas 7 Semester 1

Download Soal IPS Kelas 7 Semester 2

Download-Soal-IPS-Kelas-7-Semester-2

Download Soal IPS Kelas 7 Semester 2 + Kunci Jawaban

Untuk memudahkan Anda dalam proses perancangan soal ini, kami juga sudah menyediakan file soal IPS kelas 7 yang bisa Anda download secara gratis. Tentu saja file yangkami sediakan ini sudah melewati beberapa fase telaah yang sudah kami jelaskan di atas.

Namun Anda masih tetap bisa melakukan revisi terhadapnya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi peserta didik anda. Namun pastikan untuk mengikuti aturan yang sudah ditetapkan agar hasil Soal IPS kelas 7 yang dibuat bisa berdampak kepada para peserta didik.

 

Lihat Juga :

  • Share