Download Silabus Teknologi Layanan Jaringan Kelas X, XI, XII SMK

  • Share

Mata pelajaran Teknologi Jaringan akan membutuhkan silabusnya dahulu sebelum materi tersebut disampaikan kepada siswa. Hal itu karena silabus Teknologi Jaringan juga menjadi bagian yang perlu dipersiapkan untuk menunjang proses pembelajaran siswa oleh guru.

Materi Dalam Silabus Teknologi Layanan Jaringan

Materi-Dalam-Silabus-Teknologi-Layanan-Jaringan

Teknologi layanan jaringan adalah teknologi yang didesain dan dibangun untuk melayani para penggunanya dalam memanfaatkan beraneka jenis perangkat berbeda-beda. Tujuan penggunaannya adalah membangun sera membuat desain suatu jaringan yang memang benar-benar efektif.

Kehadiran yang berasal dari jaringan selanjutnya akan dibutuhkan untuk sebuah standar, kemudian berguna sebagai penjamin interoperability, compatibility, hingga kinerja diisyaratkan secara ekonomis.

Standar berikutnya mempunyai sifat terbuka serta dibutuhkan untuk melaksanakan interkoneksi antar antar perangkat, antar sistem, maupun proses jaringan yang berasal dari operator atau vendor berbeda.

Teknologi layanan jaringan merupakan komunikasi suara, selain memiliki peran sebagai komunikasi data. Hal itu menjadi alasan bahwa saat ini Anda dapat melakukan panggilang yang jaraknya jauh tanpa membutuhkan penggunaan kabel lagi.

Layanan jaringan melalui komunikasi suara diterapkan penggunaannya ke dalam beberapa hal.
Adapun contoh dari penerapannya adalah misalnya seperti panggilan video (video call). Video call ini merupakan komunikasi yang menampilkan gambar beserta suara.

Sehingga komunikasi video atau yang lebih sering disebut dengan video call bisa digolongkan sebagai komunikasi melalui gambar sekaligus komunikasi lewat suara.

Protokol yang Diterapkan di Dalam Teknologi Layanan Jaringan

Protokol-yang-Diterapkan-di-Dalam-Teknologi-Layanan-Jaringan

Protokol adalah sebuah ketetapan berupa memberi atau mengatur tambahan izin ketika terjadi interaksi komunikasi dan terjadinya proses perpindahan data antar lebih dari satu komputer. Protokol ini bisa diterapkan pada software,hardware, maupun perangkat perpaduan dari keduanya.

Protokol secara umum dipakai sebagai komunikasi secara real time bersama memakai standar tertentu untuk mengatur setiap struktur dari info  di dalam penyimpanan dalam waktu jangka panjang. protokol sebenarnya membawa berbagai variasi pada setiap penggunanya, sehingga sulit menggeneralisirnya.

Teknologi layanan jaringan juga tidak hanya dipakai di Indonesia, namun negara-negara lain juga menggunakannya. Hal tersebut karena teknologi ini merupakan teknologi komunikasi serta komunikasi internasional, sehingga ada berbagai organisasi maupun badan yang turut menanggulanginya.

3 Jenis Organisasi yang Memiliki Standar Teknologi Komunikasi dan Data Internasional

1. Badan Standar Amerika

Badan-Standar-Amerika

  • Telecommunications Industry Association atau TIA memiliki tugas untuk mengadaptasi standar dunia ke dalam lingkungan di Amerika
  • Electronic Industries Association / EIA merupakan organisasi pabrik mengenai perangkat elektronik di Amerika, misalnya seperti standar RS232
  • Institute of Electrical plus Electronics Engineers atau IEE merupakan suatu asosiasi engineer elektro internasional, misalnya LAN.
  • Federal Communications Commission atau FCC adalah badan regulasi pemerintah Amerika

2. Badan yang Berstandar Eropa

Badan-yang-Berstandar-Eropa

  • ETSI atau European Telecommunications Standards Institute adalah badan mandiri yang memutuskan standar untuk komunitas di Eropa, misalnya seperti GSM.
  • CEPT atau Conférence Européenne des Administrations des Postes et des Telecommunications adalah badan yang bekerja sebelum berdirinya ETSI dan memiliki tugas sama dengannya.
  • CEN atau CENELEC merupakan badan standarisasi dari teknologi informasi

3. Organisasi Standar Global

Organisasi-Standar-Global

International Telecommunication Union (ITU)

ITU adalah badan khusus dari PBB yang memiliki tanggung jawab dalam bidang telekomunikasi, serta terdiri dari:

  • ITU-T

Badan ini berasal dari International Telegraph plus Telephone Consultative Committee atau Comité Consultatif International de Télégraphique et Téléphonique. Fungsi ITU-T adalah mempublikasikan anjuran atau saran untuk jaringan telekomunikasi yang dipakai publik.

  • ITU-R

ITU-R berasal dari Comité Consultatif International des Radio Communications atau International Radio Consultative Committee. Fungsi dari badan ini adalah mempublikasikan anjuran terkait aspek-aspek radio, layaknya pemanfaatan frekuensi di seluruh dunia.

IEC atau ISO (International Electrotechnical Commission / The International Standards Organization)

Organisasi ini merupakan standar dalam bidang teknologi pada komunikasi data. IEC berperan dalam faktor lingkungan, keselamatan, dan electromechanical seperti konektor.

Internet Engineering Task Force / IETF

IETF mempunyai tanggung jawab terhadap pengaturan standarisasi protokol IP / TCP untuk internet, dan arsitektur internet.

Tentang Teknologi Layanan Jaringan Komunikasi Data

Tentang-Teknologi-Layanan-Jaringan-Komunikasi-Data

Komunikasi knowledge merupakan penerima atau pengirim knowledge yang berasal dari 2 device atau lebih dan membuka sebuah jaringan.

– Adapun fungsi pada komunikasi knowledge di antaranya:

  1. Memberikan informasi up to date atau knowledge khusus
  2. Memberikan informasi kepada orang dan waktu yang tepat secara bersamaan
  3. Memungkinkan orang yang ada pada lokasi geografis berbeda untuk mampu saling melakukan komunikasi

Transmitter merupakan knowledge kemudian dibangkitkan, hal ini berasal dari sistem. Sehingga transmisi sistem mempunyai wujud jalur transmisi tunggal.

Receiver merupakan penerima tanda yang berasal dari sistem transmisi.

Destination merupakan penangkap knowledge yang dihasilkan dari receiver.

3 Perangkat Dalam Komunikasi Data

3-Perangkat-Dalam-Komunikasi-Data

  1. Data Terminal Equipment atau DTE melakukan pekerjaan menyesuaikan keluar masuknya informasi tentang pengguna komputer
  2. Data Communication Equipment atau DCE dipakai untuk menyalurkan informasi antar lokasi yang berbeda
  3. Data Communication Control Unit atau DCCU adalah pengatur jalinan peralatan

Dalam hal ini, bandwith merupakan lebar atau luas cakupan frekuensi yang dipakai oleh tanda dalam medium suatu transmisi. Bandwidth terhadap hosting yaitu bandwidth akan ditentukan dari banyak tidaknya seseorang mendownload / mengupload.

  • Bandwidth yang berada dalam suatu jaringan merupakan jumlah knowledge atau transfer rate yang mampu dibawa, asalnya dari suatu titik ke titik lainnya dalam jangka waktu (pada umumnya di dalam satuan detik).

Adapun rumus Bandwidth yaitu:

Bandwidth = ∑ bits / sec (second)

dengan keterangan 1 byte adalah 8 bit

  • Throughput adalah menggambarkan bandwidth dengan sebenarnya atau aktual, terhadap sebuah situasi serta jaringan internet khusus yang dipakai untuk mengunduh sebuah file bersama dengan ukurannya tertentu.
  • IP / TCP (Internet Protocol / Transmission Control Protocol) adalah suatu protokol yang menerapkan rencana connection oriented. Hal itu berarti bahwa dua PC akan melakukan pertukaran knowledge harus segera membuka di dalam sebuah jaringan.

Contoh Teknologi Layanan Jaringan

Contoh-Teknologi-Layanan-Jaringan

Teknologi Komunikasi Suara

  • Komunikasi Radio Amatir
  • Komunikasi Radio Siaran
  • Komunikasi Telepon
  • Komunikasi Radio Panggil

Bentuk Berbagai Ragam pada Teknologi Komunikasi

  • Komunikasi Data
  • Komunikasi Suara atau Audio
  • Komunikasi Gambar / Video ke Audio Video

Teknologi Komunikasi Data

  • Komunikasi Knowledge Pribadi / Private
  • Komunikasi Knowledge Publik / Umum

Arti Cute FTP dan FileZilla

  • CuteFTP adalah suatu FTP atau File Transfer Protokol yang dipakai untuk mentransfer file antara server dan PC.
  • FileZilla adalah software yang dipakai sebagai sebuah alat untuk mengupload file yang berasal dari PC lokal ke suatu server / hosting. File tersebut nantinya akan mampu dibuka oleh orang lain di seluruh dunia.

Download Silabus Teknologi Layanan Jaringan Kelas X, XI, XII SMK

Download-Silabus-Teknologi-Layanan-Jaringan

Untuk mendapatkan contoh silabus tentang materi Teknologi Layanan Jaringan, Anda dapat mendownload contohnya di bawah ini:

Download Silabus Teknologi Layanan Jaringan

Teknologi Layanan Jaringan –  Sistem Komputer 

Teknologi Layanan Jaringan – Komputer dan Jaringan Dasar 

Teknologi Layanan Jaringan – Pemrograman Dasar 

Teknologi Layanan Jaringan – Dasar Desain Grafis 

Teknologi Layanan Jaringan – Teknologi WAN

Teknologi Layanan Jaringan – Administrasi Infratruktur Jaringan 

Teknologi Layanan Jaringan – Administrasi Sistem Jaringan 

Teknologi Layanan Jaringan – Teknologi Layanan Jaringan

Teknologi Layanan Jaringan – Kreatif dan Kewirausahaan

Rangkuman materi dan silabus Teknologi Layanan Jaringan di atas bisa Anda jadikan untuk mengingat materi tentang pelajaran ini serta contoh dalam pembuatan silabusnya. Anda pun bisa lebih memahami tentang teknologi layanan jaringan.

 

Lihat Juga :

  • Share