Download Silabus Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013

  • Share

Silabus Kelas 6 Semester 2 berisi rangkuman materi secara umum untuk buku tematik sampai pelajaran lain seperti Matematika. Dalam silabus ini segala hal terkait pembelajaran mulai dari Kompetensi Dasar sampai metode pembelajaran sudah dituliskan.

Singkatnya, silabus adalah kisi-kisi materi secara global yang diberikan oleh tim pembuat kurikulum. Selanjutnya, guru kelas akan melakukan pengembangan pada Silabus Kelas 6 Semester 2 menjadi RPP secara lebih rinci.

Materi pada Silabus Kelas 6 Semester 2

Pada pembahasan ini kita akan menjabarkan beberapa materi yang ada pada silabus kelas 6 khususnya pada pelajaran tematik. Pada semester 2, siswa akan mempelajari beberapa materi di bawah ini.

Tema 6 – Menuju Masyarakat Sejahtera

Tema-6-Menuju-Masyarakat-Sejahtera

Materi pada tema 6 ini secara umum dijabarkan menjadi beberapa hal. Pada pelajaran PKN dan pendidikan sosial, siswa diharapkan akan memahami hal-hal berkaitan dengan teks proklamasi dan kemerdekaan. Selanjutnya sikap saling membantu dan berkorban untuk negara juga dibahas dengan lengkap disini.

Pada pembelajaran pengetahuan alam siswa akan diminta untuk memahami tentang pubertas pada anak laki-laki dan perempuan serta memahami perbedaannya. Seni budaya akan membahas tentang nada dan interval.

Tema 7 – Kepemimpinan

Tema-7-Kepemimpinan

Secara umum akan membahas tentang kepemimpinan di Indonesia dan mengenal siapa saja para pemimpin dari dahulu hingga sekarang. Selanjutnya siswa juga diharapkan untuk bisa menjelaskan seperti apa sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik.

Tema 8 – Bumiku

Tema-8-Bumiku

Tema bumiku akan berfokus pada hal-hal berkaitan dengan kebersihan dan kondisi lingkungan yang ada di sekitar. Siswa diharapkan bisa memahami apa saja yang harus dilakukan agar tidak terjadi kerusakan pada alam serta hal-hal lain yang menyebabkan masalah pada kelangsungan hidup.

Tema ini juga berkaitan dengan perubahan waktu siang dan malam serta efeknya pada bumi. Besok ada perubahan iklim hingga ada perbedaan zona waktu yang dimiliki oleh Indonesia dan juga dunia

Tema 9 – Menjelajah Angkasa Luar

Tema-9-Menjelajah-Angkasa-Luar

Lebih banyak membahas tentang konsep tata surya dalam pandangan ilmu pengetahuan alam. Siswa diharapkan bisa memahami sistem tata surya dan semua benda yang ada di sekelilingnya mulai dari planet hingga benda langit lainnya.

Cara Mengembangkan Silabus Menjadi RPP

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa silabus adalah kumpulan materi yang dikeluarkan oleh dinas atau pusat sebagai panduan untuk melakukan pembelajaran di kelas. Selanjutnya dari silabus ini akan dibuat RPP yang sesuai dengan materi.

Untuk pengembangan silabus menjadi RPP lakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Melakukan pengecekan pada materi yang diambil

Melakukan-pengecekan-pada-materi-yang-diambil

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengembangkan silabus menjadi RPP adalah pengecekan materi yang diambil. Materi tematik umumnya terdiri dari beberapa pelajaran yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Ambil salah satu jenis pelajaran yang akan dibuat RPP-nya.

Selanjutnya cek kompetensi dasar hingga indikator yang diharapkan bisa dicapai oleh semua siswa. Ambil beberapa indikator untuk membuat RPP. Selanjutnya kembangkan menjadi rincian yang lebih panjang termasuk membuat rencana pembelajaran setiap pertemuannya.

2. Membuat rancangan yang sesuai dengan jam pelajaran

Membuat-rancangan-yang-sesuai-dengan-jam-pelajaran

Siap mata pelajaran umumnya memiliki porsi pertemuan yang berbeda-beda setiap minggunya. Ada yang porsinya hanya satu kali saja ada yang lebih dari dua kali. Selain itu durasi waktunya juga berbeda-beda setiap pertemuannya. Ada yang 1 jam pelajaran saja dan ada yang 2 jam pelajaran.

Sebelum membuat RPP pastikan berapa rencana jam pelajaran untuk satu materi yang ingin disampaikan. Misal untuk 2 indikator tertentu anda akan menjadikannya sampai 8 jam pelajaran atau 4 kali pertemuan.

Rancang semua materi dari awal sampai akhir dengan melakukan pembagian jam pelajaran yang tepat. Secara berkala Anda bisa melakukan revisi dan membuat rincian RPP setiap akan melakukan pembelajaran secara langsung atau tatap muka dan pembelajaran secara daring.

3. Menentukan jenis pembelajaran

Menentukan-jenis-pembelajaran

Umumnya jenis pembelajaran yang dilakukan adalah tatap muka secara langsung. Namun saat terjadi pandemi atau semua siswa tidak bisa berkumpul di sekolah pembelajaran secara daring adalah salah satu solusi yang bisa dilakukan.

Melakukan pembelajaran secara daring atau tatap muka tentu berbeda caranya. RPP yang dibuat juga tidak bisa disamakan karena ada batasan antara siswa dan guru. Interaksi juga tidak bisa dengan maksimal karena terbatas dengan ruang dan waktu.

Sebelum mengembangkan silabus menjadi RPP pertimbangkan jenis pembelajaran apa saja yang akan dilakukan. Apakah pembelajaran dengan konsep tatap muka secara langsung, daring, foto pembelajaran jenis blending yang menggabungkan dua hal tersebut.

4. Mengembangkan instrumen ajar dan penilaian

Mengembangkan-instrumen-ajar-dan-penilaian

Cara keempat untuk melakukan pengembangan silabus menjadi RPP adalah dengan mengembangkan instrumen aja dan instrumen untuk penilaian. Instrumen ini bisa berbeda-beda setiap materi yang disampaikan. Namun, bisa dibuat secara global agar mudah di otak-atik.

Anda bisa membuat instrumen ajar dalam bentuk rangkuman materi atau bisa juga dalam bentuk video singkat yang memberikan materi layaknya mengajar siswa di kelas. Dua hal ini bisa diberikan pada pembelajaran secara daring.

Selanjutnya untuk instrumen penilaian Anda bisa membuat apa saja yang harus dinilai dari siswa. Biasanya instrumen ini dibuat dari penjabaran indikator yang harus dicapai oleh semua siswa. Dari instrumen penilaian ini akan didapatkan hasil akhir sebagai nilai dari siswa.

5. Melakukan evaluasi sebelum diaplikasikan

Melakukan-evaluasi-sebelum-diaplikasikan

Membuat RPP berdasarkan silabus bukan pekerjaan yang mudah. Terkadang apa yang sudah kita buat seperti sempurna dan akan membuat siswa mencapai semua indikator. Namun, ada banyak kesalahan yang ada di RPP sehingga Anda harus melakukan revisi berkali-kali.

Cara terbaik untuk melakukan revisi adalah meminta bantuan dari teman untuk mengecek apa saja kesalahan yang ada di sana. Selain itu Anda juga bisa melakukan diskusi dengan beberapa kolega sehingga RPP bisa dibuat bersama-sama.

Setelah revisi dilakukan Anda juga bisa melakukan simulasi dengan sistem micro teaching. Selanjutnya RPP bisa digunakan untuk melakukan pembelajaran di kelas.

Download Silabus Kelas 6 Semester 2

Download-Silabus-Kelas-6-Semester-2

Memiliki silabus adalah hal wajib yang harus dimiliki oleh semua guru kelas 6. Apalagi jenjang ini sangat penting untuk menentukan semua siswa bisa lulus dan berlanjut ke sekolah menengah pertama atau SMP.

Untuk itu Anda bisa download silabus materi kelas 6 untuk semester 2 dengan menggunakan beberapa tautan di bawah ini.

Download Silabus Kelas 6 Semester 2

Download Tema 6

Download Tema 7

Download Tema 8

Download Tema 9

Silabus Kelas 6 Semester 2 berisi materi tematik yang sudah ada pada buku dan materi tambahan lain seperti Matematika hingga olahraga. Semua sudah dibuat rinci untuk memudahkan guru kelas membuat RPP yang sesuai dengan kondisi terkini.

Apa yang ada pada silabus harus dituliskan dengan rinci dan dijabarkan dengan baik. Dengan begitu, semua indikator yang sudah dibuat bisa tercapai dan semua siswa bisa paham atau mengerti apa yang sudah disampaikan.

 

Lihat Juga :

  • Share