Download Silabus Kelas 5 Semester 2

  • Share

Silabus kelas 5 semester 2 sudah menggunakan kurikulum 2013 dengan revisi 2018. Silabus ini mencakup semua materi pada buku tema mulai dari pelajaran bahasa Indonesia sampai ke ilmu pengetahuan sosial. Semua dirinci secara lengkap termasuk jenis pembelajarannya.

Melihat pentingnya silabus untuk memulai pembelajaran serta membuat RPP, semua guru mata pelajaran diharapkan untuk mampu memahami semua materi ada disini. Untuk itu mereka harus mau download untuk membacanya secara digital atau mencetaknya agar mudah dipahami.

Materi Silabus Kelas 5 Semester 2

Materi-pada-Silabus-Kelas-5-Semester-2

Materi yang ada pada silabus kelas 5 untuk semester 2 terdiri dari empat tema besar. Setiap tema akan dijabarkan menjadi beberapa materi sesuai dengan jenis mata pelajaran yang akan diajarkan.

Pada buku tema materi ini akan terbagi menjadi bahasa Indonesia, IPA, IPS, seni budaya, hingga pendidikan kewarganegaraan. Untuk mengetahui secara sekilas apa saja materi yang disajikan simak ulasan di bawah ini.

1. Tema 6 – Panas dan Perpindahannya

Tema ke-6 ini berisi tentang materi yang berhubungan dengan panas dan perpindahannya. Fokusnya ada mata pelajaran IPA yang membahas tentang perpindahan panas dari satu benda ke benda lain.

Pada materi lain tema 6 ini juga akan membahas tentang hubungan antar manusia dan sistem sosial di sekitarnya. Pada seni budaya juga akan dibahas tentang alat musik sederhana dan bagaimana cara menggunakannya.

Melihat video dan juga melakukan rangkuman isi juga dilakukan pada materi bahasa Indonesia. Jangan lakukan ini siswa akan lebih paham dan memahami media khususnya non tulis.

2. Tema 7 – Peristiwa dalam Kehidupan

Masih berhubungan dengan tema sebelumnya, tapi secara spesifik akan membahas tentang peran dari kalor atau panas dalam mengubah suatu benda. Bisa mengubah benda yang awalnya padat menjadi cair atau bentuk lain seperti kristal.

Selanjutnya pembahasan tentang keberagaman sosial juga akan lebih diperinci. Pada seni budaya siswa juga akan mempelajari tentang lagu daerah dan juga bagaimana cara untuk menyanyikannya.

3. Tema 8 – Lingkungan Sahabat Kita

Membahas hal-hal terkait dengan isu sosial dan juga cara untuk mengatasinya. Masalah beregaman  tetap diulas dan dikaitkan dengan lingkungan dan kejadian alam yang ada di sekitarnya.

4. Tema 9 – Benda Benda di Sekitar Kita

Mengamati hal-hal yang ada di sekitar yang termasuk objek geografi. Siswa bisa melakukan pengamatan di sekitar rumahnya atau dengan melihat media. Materi lain, berkaitan dengan tema enam dan tujuh, perbedaan hanya pada pembahasan intinya saja.

Mengembangkan Silabus untuk Pembelajaran Tatap Muka dan Daring

Mengembangkan silabus menjadi RPP untuk pembelajaran tatap muka dan dari harus dilakukan dengan sempurna. Termasuk masalah harus dipikirkan dengan baik sehingga semua siswa tetap bisa mengikuti dengan sempurna.

Untuk membuat RPP berdasarkan silabus yang sudah ada, beberapa hal di bawah ini

1. Memilih dahulu model pembelajaran yang akan dilakukan

Memilih-dahulu-model-pembelajaran-yang-akan-dilakukan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat RPP adalah memilih model pembelajaran yang akan dilakukan. Maksud model pembelajaran ini adalah apakah anda akan melakukan secara langsung /tatap muka dengan siswa atau dilakukan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi.

Apabila pembelajaran dilakukan dengan tatap muka tentu RPP yang dibuat harus sesuai dengan indikator yang sudah ditetapkan dalam silabus.

Sementara itu pada pembelajaran dengan sistem daring ada beberapa perubahan yang harus dilakukan. Meski secara umum indikator yang sama Anda harus menciptakan media pembelajaran tersendiri atau model penilaian khusus agar siswa mendapatkan apa yang sudah mereka lakukan.

2. Daftar semua masalah yang mungkin terjadi

Daftar-semua-masalah-yang-mungkin-terjadi

Setiap materi dan juga model pembelajaran akan memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Apabila Anda ingin menggunakan model pembelajaran tertentu coba daftar apa saja masalah yang mungkin terjadi di dalamnya.

Misal pembelajaran secara daring pada materi yang sulit dijelaskan tanpa tatap muka. Masalah seperti ini sering sekali muncul sehingga Anda harus mampu mencari solusi terbaik.

Dengan mengetahui masalah dan mendapatkan solusi apabila siswa mengalami gangguan dalam belajar, guru bisa membantu mereka untuk mengatasinya. Jadi tidak akan ada siswa yang tidak mencapai semua indikator pada silabus.

3. Membagi materi dengan baik

Membagi-materi-dengan-baik

Materi yang ada pada silabus sangat banyak dan terbagi menjadi beberapa mata pelajaran. Setiap materi akan terdiri dari beberapa jam pelajaran untuk tema tertentu. Tugas anda adalah membagi materi itu sesuai dengan jam pelajarannya agar tidak terlalu kurang atau berlebihan.

Pembagian ini akan memudahkan anda dalam membuat RPP. Materi yang disiapkan dalam RPP bisa sesuai dengan bahan ajar yang sudah disiapkan. Selanjutnya menentukan indikator juga tidak akan terlalu banyak sehingga semua siswa bisa mencapai target.

4. Media pembelajaran yang tepat

Media-pembelajaran-yang-tepat

Media pembelajaran untuk tatap muka biasanya berjenis manipulatif. Bisa membuatnya atau memodifikasi media pembelajaran untuk membuat mereka lebih memahami materi. Bisa melakukan eksperimen sederhana pada mata pelajaran IPA.

Selanjutnya media pembelajaran khusus harus dibuat untuk kelas daring. Media pembelajaran yang diberikan berupa animasi, video, media pembelajaran yang akan memudahkan siswa memahami materi dan mengulanginya berkali-kali.

Media dibuat untuk menunjang materi utama yang ada pada buku tema atau buku lain. Sebelum memberikan media guru harus meminta siswa untuk membaca materi yang akan diajarkan terlebih dahulu. Dengan begitu mereka tidak akan mengalami masalah selama proses pembelajaran berlangsung.

5. Mendengarkan pendapat para siswa

Mendengarkan-pendapat-para-siswa

Semua model pembelajaran dibuat untuk memudahkan siswa memahami semua materi yang ada. Namun tidak semua model pembelajaran sesuai dengan kondisi siswa tertentu. Itulah kenapa guru harus mampu memahami karakter dari Semua siswa yang mereka miliki.

Selanjutnya minta mereka memberikan pendapat terkait dengan model pembelajaran yang sudah dilakukan. Bisa menanyakan pada mereka apa yang diinginkan dan tidak diinginkan. Guru bisa menanyakannya satu persatu atau meminta siswa untuk menuliskannya.

Tentu tidak semua hal yang diungkapkan siswa bisa diaplikasikan. Hanya saja dari hal ini guru bisa mengetahui apa yang mereka inginkan sehingga pembelajaran bisa dibuat mendekati itu untuk memudahkan siswa memahami materi.

Download Silabus Kelas 5 Semester 2

Download-Silabus-Kelas-5-Semester-2

Setiap sekolah biasanya akan mendapatkan kiriman silabus dari dinas setempat. Selanjutnya materi dalam silabus akan diperbanyak dan dibagikan pada semua guru kelas agar bisa dipelajari dengan baik.

Apabila Anda ingin melakukan download silabus untuk memudahkan proses pembuatan RPP. Disarankan untuk memakai beberapa tautan di bawah ini sesuai dengan jenis tema yang akan diajarkan. Semua file yang akan diunduh bisa dibaca secara digital baik dari HP atau PC.

Download Silabus Kelas 5 Tema 6 semester 2

Download Silabus Kelas 5 Tema 7 semester 2

Download Silabus Kelas 5 Tema 8 semester 2

Download Silabus Kelas 5 Tema 9 semester 2

Semua materi buku tematik sudah terangkum pada silabus kelas 5 semester 2. Guru kelas atau mata pelajaran harus memahami setiap materi yang ada selalu menyambungkan semua tema yang ada menjadi satu. Dengan begitu siswa bisa memahami semua hal dengan mudah.

Pengembangan silabus menjadi RPP juga harus dilakukan dengan baik. Pembuatan ini dilakukan untuk memudahkan guru melakukan proses pembelajaran dan semua siswa yang ada mampu menyelesaikan semua tugas dan mencapai indikator yang sudah ditentukan.

 

Lihat Juga :

  • Share