Download Silabus Kelas 4 Semester 2 Revisi 2020

  • Share

Semua guru kelas 4 SD harus memiliki Silabus Kelas 4 Semester 2 untuk pegangan. Dengan memiliki pegangan ini, mereka bisa memberikan materi tematik dan non tematik dengan baik. Bahkan semua siswa bisa mencapai indikator yang dibuat.

Dinas umumnya akan mengeluarkan silabus terbaru atau revisi sesuai dengan kurikulum terbaru. Selanjutnya, guru akan diminta untuk membuat RPP per bagian atau pertemuan sesuai dengan jenis materi yang akan diberikan pada siswa kelas 4.

Materi pada Silabus Kelas 4 Semester 2

Materi-pada-Silabus-Kelas-4-Semester-2

Materi silabus kelas 4 semester 2 terdiri dari beberapa mata pelajaran khususnya yang berjenis tematik. Mata pelajaran ini akan diberikan secara terpisah meski secara umum berkaitan satu dengan lainnya. Bahkan alat pembelajarannya sama yaitu buku tema.

Untuk mengetahui apa saja materi yang ada pada kelas 4 semester 2, selengkapnya di bawah ini.

Tema 6 – Cita-citaku

Tema ini berisi materi tentang cita-cita yang dimiliki oleh setiap anak. Dari sini tema dijabarkan agar siswa lebih mengenal keberagaman. Keberagaman ini berhubungan erat dengan jenis pekerjaan yang dilakukan agar semua orang bisa saling menghargai.

Pada sektor lain tema ini juga akan mengulas tentang siklus kehidupan dari hewan seperti metamorfosis. Terakhir, tema ini juga mengulas tentang sumber daya alam yang ada di Indonesia serta orang-orang yang bekerja di sana.

Tema 7 – Indahnya Keragaman di Negeriku

Secara umum tema ini tentang keberagaman suku dan bahasa yang ada di Indonesia. Siswa diharapkan untuk mengenal budaya lain selain apa yang sudah mereka dapatkan sejak lahir.

Siswa diharapkan juga bisa melakukan diskusi tentang hal-hal yang berkaitan dengan pulau yang ada di Indonesia serta berbagai jenis macam gaya pada pelajaran ilmu pengetahuan alam.

Tema 8 – Daerah Tempat Tinggalku

Siswa diharapkan mampu memahami orang-orang yang ada di sekitarnya khususnya anggota keluarga. Selain itu memahami pekerjaan setiap anggota keluarga juga penting agar mereka tahu hak dan kewajiban.

Selanjutnya materi yang berisi tentang kegiatan ekonomi yang terjadi di sekitar juga diberikan. Desa kegiatan ekonomi yang dilakukan di pasar atau tempat lain yang mudah diamati siswa.

Tema 9 – Kayanya Negeriku

Tema terakhir ini membahas tentang apa saja yang dimiliki oleh Indonesia. Sebagai sumber daya alam dan potensi lain seperti pariwisata akan dibahas dan siswa diharapkan lebih memahami hal ini serta melakukan pengamatan terhadap sekitarnya.

Cara Memahami Silabus dengan Mudah

Memahami silabus akan memudahkan guru kelas 4 menyampaikan materi pada semua siswanya. Selain itu dengan memahami silabus guru juga bisa membuat RPP dengan lebih mudah. Untuk memahami silabus dengan baik lakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Kelompokkan sesuai dengan jenis pelajaran

Kelompokkan-sesuai-dengan-jenis-pelajaran

Pembelajaran dengan menggunakan buku tematik memiliki beberapa jenis pelajaran yang terhubung satu dengan lainnya. Meski demikian pada silabus yang sudah dikeluarkan oleh pusat, semua mata pelajaran yang ada di dalamnya dibuat secara berkelompok agar rinciannya jelas.

Membaca semua instruksi pada mata pelajaran tertentu secara bersamaan akan membuat Anda mengalami kebingungan. Untuk itu disarankan untuk membaca per mata pelajaran dalam satu tema yang sama. Umumnya satu tema akan dibagi menjadi beberapa sub tema agar pembelajaran lebih rinci.

Setelah melakukan pengelompokan baca satu persatu dan buat kesimpulan setiap kompetensi dasar yang sudah dibuat. Dari sana anda bisa paham secara umum apa saja materi yang akan disampaikan kepada siswa dan apa yang diinginkan oleh Dinas Pendidikan pada peserta didik.

2. Pahami indikator secara umum

Pahami-indikator-secara-umum

Semua kompetensi dasar yang sudah dibuat berdasarkan materi utama akan memiliki indikator yang berbeda-beda. Terkadang indikator jumlahnya sama dengan kompetensi dasar dan siswa harus mampu melakukan apa saja sesuai dengan rincian tersebut.

Sebelum memahami silabus lalu memecahnya menjadi RPP, Anda harus memahami indikator yang sudah dibuat. Selanjutnya indikator ini nanti akan dipecah menjadi beberapa bagian sehingga siswa tidak akan terlalu kebingungan saat menerima terlalu banyak materi dalam sekali waktu.

3. Pahami materi pembelajaran

Pahami-materi-pembelajaran

Materi pembelajaran umumnya mencakup semua indikator dan kompetensi dasar yang sudah ditentukan. Materi bisa satu jenis atau dua jenis yang berkaitan satu dengan lainnya. Materi inilah yang harus dipahami oleh semua guru agar mereka bisa menyampaikan dengan baik pada siswa.

Pada pembelajaran tematik materi satu dengan lainnya akan berkaitan satu dengan lainnya. Meski demikian guru disarankan untuk memberikan materi secara spesifik pada mata pelajaran tertentu. Jangan langsung menggabung secara langsung  dua mata pelajaran karena siswa akan bingung.

Apabila ingin menyambungkan beberapa materi pastikan siswa sudah memahami semua materi yang diberikan. Selanjutnya saat digabungkan siswa bisa menyambungkan satu dengan lain dengan mudah. Dari sini semua indikator yang telah ditetapkan bisa terlampaui.

4. Cek kegiatan pembelajaran yang direkomendasikan

Cek-kegiatan-pembelajaran-yang-direkomendasikan

Setelah memahami semua materi dengan membaca silabus serta membaca buku materi. Anda harus membaca kegiatan pembelajaran yang sudah. Dari sana anda bisa melakukan pembelajaran sesuai dengan arahan agar hasilnya sesuai dengan harapan.

Apakah tidak boleh melakukan modifikasi? Jawabannya adalah boleh, apalagi dalam kondisi pandemi pembelajaran tidak akan bisa dilakukan secara langsung atau tatap muka. Pembelajaran khusus harus dilakukan agar semua siswa tetap bisa mendapatkan pembelajaran dengan sempurna.

Kegiatan pembelajaran ini juga akan memudahkan anda untuk membuat siswa lebih memahami materi. Misal dengan menambahkan kegiatan yang berhubungan dengan pengamatan, melihat video, hingga melakukan proyek khusus yang sangat menarik.

5. Memahami sumber belajar dan instrumen

Memahami-sumber-belajar-dan-instrumen

Silabus sudah memberikan sumber belajar yang bisa digunakan untuk memudahkan siswa selain dari buku tematik. Sumber ini bisa dari media elektronik atau media lain yang membuat siswa lebih tertarik dan konsentrasi dalam belajar.

Guru bisa menggunakan atau mencari media yang sudah dianjurkan. Apabila mereka bisa membuat media sendiri akan jauh lebih baik.

Download Silabus Kelas 4 Semester 2

Download-Silabus-Kelas-4-Semester-2

Pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sudah mengeluarkan silabus kelas 4 semester 2. Silabus ini dikeluarkan secara umum sehingga materi yang diberikan pada siswa semuanya sama termasuk indikator untuk pencapaian siswa.

Sebagai seorang guru Anda diharapkan untuk memiliki silabus ini baik dalam bentuk digital atau cetak. Selanjutnya pelajari silabus tersebut untuk memudahkan pembuatan RPP sesuai dengan kebutuhan. Jika belum memiliki, bisa download dari tautan di bawah ini.

Download Silabus Kelas 4 Tema 6 semester 2

Download Silabus Kelas 4 Tema 7 semester 2

Download Silabus Kelas 4 Tema 8 semester 2

Download Silabus Kelas 4 Tema 9 semester 2

Silabus yang dibuat oleh pusat umumnya sama dan sesuai dengan kurikulum paling baru. Tugas dari guru adalah menjabarkan hal itu menjadi RPP yang lebih rinci. Selanjutnya di dalam RPP akan ada metode pembelajaran yang sesuai dan media yang dipakai.

Silabus Kelas 4 Semester 2 adalah pegangan yang tidak bisa diabaikan begitu saja oleh semua guru. Apabila saat pembelajaran dilakukan guru tidak berbekal silabus dan RPP, siswa tidak akan bisa mencapai indikator dan pembelajaran bisa dikatakan gagal.

 

Lihat Juga :

  • Share