Download Silabus Kelas 2 Semester 2

  • Share

Sama seperti semester 1, silabus kelas 2 semester 2 memiliki 4 tema yang merupakan kelanjutan dari tema silabus sebelumnya. Pada semester kedua, siswa didik lebih diajarkan untuk mengenal lingkungan melalui kegiatan nyata. Lalu diceritakan kembali atas apa yang sudah dia lakukan.

Pada semester kedua, siswa diajarkan cara belajar melalui kegiatan yang didominasi praktisi. Pembelajaran untuk pengenalan lingkungan ini bisa dilakukan melalui metode yang sudah terpampang. Dengan demikian, pembentukan karakter siswa didik bisa terus berlanjut.

Tema Silabus Kelas 2 Semester 1

Tema-Silabus-Kelas-2-Semester-1-1

Terdapat empat tema dalam silabus kelas 2 semester 2. Setiap tema memiliki empat subtema yang merupakan perincian dari tema besar yang tercantum. Para guru dapat mengajarkan tema tersebut sesuai urutan tahap subtema yang terpampang. Sehingga siswa dapat bekal lengkap dalam setiap pembahasan.

Pada semester kedua, siswa diajari cara memahami suatu ilmu dengan praktik secara langsung. Banyak cara yang bisa dilakukan. Seperti pengenalan ragam bentuk dan makhluk hidup juga dapat dilakukan siswa di rumah, lalu membuat laporannya untuk penugasan di sekolah. Berikut tema dan sub tema tersebut.

1. Pengalamanku

Tema pengalamanku ini bisa dilakukan dengan membaca teks dari buku. Isinya bisa meliputi seputar pembentukan karakter siswa, seperti toleransi, tenggang rasa, rasa ingin tahu, dan kepercayaan yang tinggi. Melalui tema ini siswa dapat mengenali karakteristik setiap individu di lingkungannya.

Silabus tema Pengalamanku membagi empat sup tema yang berbeda. Namun tujuannya sama yakni meningkatkan memori seorang siswa sekaligus mengenal karakteristik yang ada di dalam cerita tersebut. Siswa juga dapat menampilkan pengalamannya melalui tulisan atau lisannya.

Sub tema yang ada tersebut yakni: Pengalamanku di Rumah, Pengalamanku di Sekolah, Pengalamanku di Tempat Bermain, Pengelamanku di Tempat Wisata.

2. Merawat Hewan dan Tumbuhan

Mengenalkan hewan dan tumbuhan bisa menjadi pembahasan menarik bagi siswa. Dengan metode pembelajaran yang tepat, siswa tidak akan merasa bosan menyebutkan jenis-jenis hewan dan tumbuhan yang berada di sekeliling mereka. Sehingga tema ini akan menjadi yang paling menyenangkan.

Mengenalkan hewan dan tumbuhan sebagai makhluk hidup ciptaan Tuhan juga harus dilakukan secara bertahap. Siswa bisa didorong untuk mulai menghafal nama-nama hewan dan tumbuhan. Lalu sekaligus mengenalkan cara merawat hewan dan tumbuhan tersebut agar lestari.

Sub tema yang ada tersebut yakni: Hewan di Sekitarku, Merawat Hewan di Sekitarku, Tumbuhan di Sekitarku, dan Merawat Tumbuhan di Sekitarku.

3. Kebersamaan

Kebersamaan adalah kunci penting dalam merawat keberagaman. Siswa harus dikenalkan dengan perbedaan yang berada di lingkungannya. Sehingga perbedaan tersebut bisa diterima untuk membentuk kebersamaan. Kebersamaan ini bertujuan menciptakan keharmonisan hidup bermasyarakat.

Kebersamaan juga masuk ke dalam pembahasan silabus kelas 2 semester 2 karena penting bagi perkembangan karakter siswa. Dengan mengenal perbedaan, siswa akan mudah merajut kebersamaan. Dengan dilandasi rasa toleransi, tenggang rasa, dan kemanusiaan yang tinggi.

Sub tema yang ada tersebut yakni: Kebersamaan di Rumah, Kebersamaan di Sekolah, Kebersamaan di Tempat Bermain, Kebersamaan di Tempat Wisata.

4. Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan

Keselamatan menjadi hal penting yang harus diajarkan pada siswa. Sebab risiko saat belajar sangat mungkin terjadi. Siswa harus dikenalkan macam-macam bahaya. Sekaligus cara menanggulangi bahaya tersebut agar tidak menimpa dia dan orang terdekatnya.

Salah satu contoh adalah siswa dikenalkan cara memakai helm saat berkendara. Hal lain yang dapat dikenalkan adalah penanganan saat melihat benda tajam seperti pisau di dapur. Penanganan semacam ini penting untuk siswa mengenali potensi bahaya yang berada di dekatnya.

Sub tema yang ada tersebut yakni: Aturan Keselamatan di Rumah, Menjaga Keselamatan di Rumah, Aturan Keselamatan di Perjalanan, dan Menjaga Keselamatan di Perjalanan.

Mengajarkan Siswa Peka Terhadap Lingkungannya

Mengajarkan-Siswa-Peka-Terhadap-Lingkungannya

Silabus kelas 2 semester 2 tema kelima hingga kedelapan menyuguhkan ilmu yang mengajari siswa agar peka terhadap lingkungannya. Ingatan atau memori siswa diasah secara tidak langsung. Mereka bisa meningkatkan kepekaannya dengan tugas atau pembelajaran yang diberikan oleh para guru.

1. Peka Terhadap Kejadian Sekitar

Melalui tema dan sub tema yang sudah diberikan, siswa dapat melatih rasa kepekaanya terhadap persoalan sekitar. Sehingga guru dapat merangsang kemudahan belajarnya dengan kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti mencatat kegiatan libur panjang pertengahan semester.

Setelah mencatat, siswa bisa bergantian untuk menceritakan kembali melalui teks atau lisan. Cerita siswa ini secara tidak langsung dapat melatih ingatan untuk menceritakan hal-hal menonjol yang dia ingat selama liburan. Selanjutnya siswa dapat dirangsang untuk memetik pesan moral dalam tulisannya.

Menceritakan pengalaman juga dapat merangsang kepekaan terhadap ciptaan Tuhan. Seperti saat siswa liburan ke desa, dia bisa menceritakan bagaimana suasana di desa yang masih lestari. Sehingga bisa melatih rasa syukur pada diri dia.

2. Peka Terhadap Makhluk Hidup

Silabus semester kedua ini juga dapat melatih siswa untuk peka terhadap makhluk ciptaan Tuhan. Seperti hewan dan tumbuhan. Dengan mengenal lalu mencatat nama-nama hewan dan tumbuhan, siswa dapat belajar hal baru. Apalagi hewan dan tumbuhan itu bisa diklasifikasi yang bisa dirawat atau yang tidak bisa dirawat.

Untuk hewan atau tumbuhan yang bisa dirawat, siswa dapat melaporkan temuannya dalam teks atau lisan. Selanjutnya siswa dapat menceritakan hal terebut ke depan kelas. Sehingga rasa peka untuk memberi kasih sayang kepada makhluk ciptaan Tuhan bisa tumbuh sedini mungkin.

Kepekaan terhadap makhluk hidup ini penting karena siswa bisa menyayangi semua yang ada di sekitarnya. Seperti melatih untuk menyiram tanaman atau memberi makan hewan peliharaan di rumah.

3. Peka Terhadap Tanggung Jawab

Melalui berbagai tugas dan pelaporan, siswa dilatih peka untuk tanggung jawab. Siswa secara tidak langsung mengetahui tugas yang diberikan harus selesai dalam tenggang waktu yang sudah ditentukan. Hal ini dapat menumbuhkan rasa disiplin dan tanggung jawab pada diri siswa tersebut.

Tanggung jawab pada diri siswa dapat dilatih melalui hal-hal sederhana. Seperti saat diberikan tugas mencatat nama hewan dan tumbuhan, siswa juga harus mengenal karakteristik hewan dan tanaman tersebut. Sehingga antara satu siswa dengan siswa lainnya dapat tumbuh rasa ingin tahu.

Rasa tanggung jawab wajib dimiliki siswa. Sehingga dia bisa memiliki kepedulian terhadap makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya. Juga penting untuk pembentukan karakter siswa.

Download Silabus Kelas 2 Semester 2

Download-Silabus-Kelas-2-Semester-2

Setelah memahami seputar silabus tersebut, Anda dapat melakukan download silabus kelas 2 semester 2 di sini. Dokumen tersebut sebagai pedoman pembelajaran. Silabus sangat penting sebagai pedoman siswa belajar. Apalagi untuk pembelajaran kelas bawah. Sehingga membutuhkan pedoman pembelajaran awal sebelum siswa belajar lebih jauh.

Download Silabus Kelas 2 Semester 2 Semua Tema

Silabus Kelas 2 Semester 2 Tema 5

Silabus Kelas 2 Semester 2 Tema 6

Silabus Kelas 2 Semester 2 Tema 7

Silabus Kelas 2 Semester 2 Tema 8

Selanjutnya silabus tersebut bisa dikembangkan sesuai gaya  mengajar guru yang berbeda-beda Pembelajaran untuk siswa kelas 2 harus dikemas dengan menarik dan menyenangkan. Seperti dikombinasikan dengan praktisi yang membuat siswa senang untuk mengerjakan tugas tersebut.

 

Lihat Juga :

  • Share