Download Silabus Kelas 1 K13 Semester 1 dan 2

  • Share

Kurikulum yang diterapkan di sekolah-sekolah mulai dari tingkat dasar hingga tingkat atas seperti SMA / SMK adalah Kurikulum 2013. RPP dan silabus Kelas 1 K13 adalah contoh dari bagian dari kurikulum itu sendiri. Hal itu karena guru akan sangat membutuhkannya, baik silabus maupun RPP.

Apalagi seorang guru yang mengampu kelas pertama tingkat sekolah dasar, RPP serta silabus tentunya akan sangat membantu proses pembelajaran para peserta didik. Namun sebelum melihat contoh silabus, Anda dapat menyimak informasi mengenai silabus di bawah ini.

Pengertian Silabus yang Perlu Diketahui

Pengertian-Silabus-yang-Perlu-Diketahui

Silabus adalah seperangkat pengaturan dan rencana tentang pelaksanaan pembelajaran serta penilaian yang telah disusun secara sistematis, di dalamnya memuat berbagai komponen salaing berkaitan. Hal itu bertujuan agar siswa mampu menguasai mengenai KD (Kompetensi Dasar).

Selain itu, silabus juga bisa diartikan sebagai penjabaran KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) ke dalam kegiatan pembelajaran, materi pokok atau pembelajaran, serta indikator pencapaian kompetensi untuk menilai para siswa.

Silabus sendiri juga menjadi seperangkat rencana & pengaturan mengenai pengelolaan kelas, kegiatan pembelajaran, serta penilaian hasil belajar. Sehingga dapat diketahui bahwa silabus berisi komponen pokok yang bisa menjawab pertanyaan seperti:

  • Kompetensi yang akan guru tanamkan kepada para siswanya melalui sebuah kegiatan pembelajaran.
  • Kegiatan yang wajib dilakukan untuk dapat menanamkan kompetensi pilihan sebelumnya.
  • Upaya yang harus dilaksanakan untuk bisa mengetahui bahwa kompetensi pilihan sebelumnya telah dimiliki oleh para siswa.

Perubahan Pelajaran yang Ada Dalam Silabus Baru dan Lama Berdasarkan Kurikulum

Perubahan-Pelajaran-yang-Ada-Dalam-Silabus-Baru-dan-Lama-Berdasarkan-Kurikulum

No Kurikulum Baru Kurikulum Lama
1 Penyusunan materi dibuat dengan seimbang mencakup kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Materi disusun bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada para siswa
2 Penilaian otentik dilaksanakan pada aspek kompetensi pengetahuan, sikap, serta keterampilan berdasarkan portofolio yang ada Penilaian pada ilmu pengetahuan dilakukan melalui ujian dan ulangan
3 Pendekatan pembelajaan berdasarkan dari adanya pengamatan, bertanya, mengumpulkan data, menalar, serta penyajian hasil tersebut melalui pemanfaatan berbagai sumber belajar atau bisa dikatakan siswa mencari tahu secara mandiri. Pendekatan pembelajaran yang dilakukan adalah siswa akan diberitahu mengenai materi yang wajib atau harus dihafalkan. Sehingga siswa diberi tahu terlebih dahulu, bukan mencari tahu.

8 Prinsip Saat Mengembangkan Silabus yang Harus Diketahui

Anda perlu mempertimbangkan beberapa prinsip dalam mengembangkan silabus. Prinsip tersebut adalah yang akan menjiwai saat proses pembelajaran nanti.prinsip pengembangan silabus sendiri akan diserahkan sepenuhnya kepada setiap satuan pendidikan.

Hal tersebut dikhususkan bagi yang sudah mampu untuk melakukan pengembangan silabus. Sehingga setiap satuan pendidikan diberikan keleluasaan dan kebebasan untuk mengembangkannya sesuai kebutuhan serta kondisi masing-masing.

Namun pengembangan silabus sebaiknya masih berada dalam bingkai pengembangan mengenai kurikulum nasional, maka Anda perlu memperhatikan beberapa prinsip untuk diikuti. Adapun daftar prinsip itu di antaranya seperti:

1. Relevan

Relevan

Relevan adalah tentang tingkat kesukaran, cakupan, kedalaman, serta urutan penyajian di dalam silabus sesuai ada hubungannya dengan tingkat perkembangan intelektual, fisik, emosional, spiritual peserta didik.

2. Ilmiah

Ilmiah

Prinsip ilmiah yaitu pengembangan silabus harus dilaksanakan menggunakan prinsip ilmiah. Hal itu berarti bahwa keseluruhan kegiatan menjadi muatan serta materi yang ada di dalam silabus diwajibkan sudah logis, bisa dipertanggungjawabkan, dan benar secara ilmiah / keilmuan.

3. Konsisten

Konsisten

Prinsip konsisten mengandung arti bahwa ada suatu hubungan yang bersifat konsisten di antara indikator, materi pokok, Kompetensi Dasar, sumber belajar, pengalaman belajar siswa, dan sistem penilaian.

4. Sistematis

Sistematis

Segala komponen dalam silabus yang saling berhubungan secara fungsional untuk mencapai suatu kompetensi disebut dengan prinsip sistematis.

5. Memadai

Memadai

Pencapaian pada kompetensi dasar bisa cukup untuk menunjangnya. Misalnya seperti cakupan dari indikator, pengalaman belajar, materi pokok, sumber yang dipakai untuk belajar, serta sistem penilaian cukup untuk menunjang siswa dalam mencapai KD (Kompetensi Dasar).

6. Kontekstual dan aktual

Kontekstual-dan-aktual

Cakupan dari materi pokok, indikator, sumber belajar dan sistem penilaian dalam memperhatikan perkembangan ilmu, pengalaman belajar, peristiwa yang terjadi, serta seni & teknologi mutakhir dalam kehidupan nyata.

7. Menyeluruh

Menyeluruh

Komponen silabus seharusnya mencakup keseluruhan dari ranah kompetensi (afektif, kognitif, dan psikomotor).

8. Fleksibel

Fleksibel

Keseluruhan dari komponen silabus bisa mengakomodasi keragaman pendidik, peserta didik, dan dinamika perubahan yang menjadi tuntutan masyarakat dan terjadi di sekolah.

Keuntungan Belajar Sesuai Tema Pada Materi Tematik Kurikulum 2013

Keuntungan-Belajar-Sesuai-Tema-Pada-Materi-Tematik-Kurikulum-2013

Poerwadarminta (1983) berpendapat bahwa pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang memakai tema untuk menghubungkan beberapa mata pelajaran. Sehingga peserta didik bisa memperoleh pengalaman belajar bermakna dari pembelajaran tersebut.

Selain itu dengan adanya tema-tema yang ada pada pelajaran tematik Kurikulum 2013, kehadiran tema diharapkan mampu memberikan banyak keuntungan kepada para peserta didik. Adapun beberapa keuntungan tersebut misalnya seperti:

  1. Peserta didik bisa lebih mudah untuk memusatkan perhatiannya kepada sebuah tema tertentu yang ada dalam buku belajarnya maupun materi saat di dalam kelas.
  2. Peserta didik mampu mempelajari suatu pengetahuan baru dan mengembangkannya ke dalam berbagai KD (Kompetensi Dasar) antar mata pelajaran ke dalam tema-tema yang sama.
  3. Pemahaman mengenai materi pelajaran akan lebih berkesan dan mendalam.
  4. Kompetensi Dasar bisa dikembangkan lebih baik dengan menghubungkannya dengan mata pelajaran lainnya melalui pengalaman pribadi dari peserta didik.
  5. Peserta didik lebih mampu untuk merasakan makna dan manfaat belajar. Hal itu karena materi yang disajikan ke dalam konteks temanya jelas.
  6. Peserta didik lebih bersemangat dalam belajar, karena bisa berkomunikasi di dalam situasi yang nyata. Hal itu dilakukan untuk mengembangkan sebuah kemampuan di dalam 1 mata pelajaran, sekaligus bisa belajar mata pelajaran lainnya.
  7. Guru bisa lebih menghemat waktu, karena ada beberapa mata pelajaran yang disajikan secara tematik bisa guru persiapkan secara sekaligus dan kemudian diberikan untuk 2 atau 4 pertemuan akan datang. Waktu selebihnya pun bisa dipakai untuk kegiatan pemantapan, remedial, serta pengayaan.

Perlu diketahui bahwa pembelajaran tematik yang disajikan di dalam materi belajar untuk setiap kelas sesuai tingkatnya memang sudah disiapkan untuk pembelajaran di kelas. Tujuan pembelajaran tematik sendiri adalah untuk lebih memudahkan siswa menerima dan mengeksplorasi kemampuannya.

Link Download Silabus Kelas 1 K13 dengan Subtema Paling Lengkap

Link-Download-Silabus-Kelas-1-K13-dengan-Subtema-Paling-Lengkap

Perangkat pembelajaran Silabus kelas 1 K13 untuk seluruh tema pada semester 1 beserta semester 2 yang ada dalam list download di bawah ini merupakan edisi revisi terbaru sesuai kurikulum saat ini. Sehingga anda bisa menjadikannya sebagai referensi atau pelengkap perangkat pembelajaran.

Berikut daftar link download untuk silabus kelas 1 di bawah ini.

Download Silabus Kelas 1 K13 Semester 1

Download Tema 1

Download Tema 2

Download Tema 3

Download Tema 4

Download Silabus Kelas 1 K13 Semester 2

Download Tema 5

Download Tema 6

Download Tema 7

Download Tema 8

Anda bisa menjadikan daftar silabus kelas 1 K13 yang sudah ada dalam daftar di atas sebagai acuan untuk membuat perangkat pembelajaran untuk siswa. Sehingga pembuatan RPP maupun silabus tersebut lebih mudah & tidak sesulit seperti yang dibayangkan.

 

Lihat Juga :

  • Share