Download Silabus K13 Kelas 6

  • Share

Silabus K13 kelas 6 revisi terbaru sudah tersedia dan bisa diunduh secara gratis pada tautan akan ada di bawah artikel ini. Sebelumnya kita akan membahas tentang kurikulum K13 revisi 2018 untuk kelas 6 pada materi tematik.

Silabus ini akan mencakup banyak sekali materi tema yang sudah ditentukan oleh pusat. Secara umum akan ada 9 tema yang dipelajari mulai dari semester 1 sampai semester 2 kelas 6. Semua materi akan berkaitan satu dengan lain dan menggabungkan beberapa mata pelajaran.

Materi pada Silabus K13 Kelas 6 Revisi Terbaru

Materi-pada-Silabus-K13-Kelas-6-Revisi-Terbaru

Materi pada silabus K13 kelas 6 terbaru terbagi menjadi beberapa materi. Khusus pada buku tematik pembelajaran akan berfokus pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia, dan Seni Budaya.

Materi lain di luar tematik ada matematika, olahraga, materi muatan lokal lain sesuai dengan kebijakan dari sekolah atau daerah. Materinya akan disesuaikan dengan kurikulum terbaru agar semua pencapaian siswa sesuai dengan indikator yang sudah ditentukan.

  • Materi kelas 6 sebagian besar terdiri dari hubungan antara individu dengan orang di sekitarnya. Bisa saling menghargai satu dengan yang lain meski berbeda secara suku, agama, atau warna kulit. Materi tentang keberagaman ini sangat ditekankan agar terjadi toleransi yang besar.
  • Selanjutnya materi tentang sastra seperti fiksi dan nonfiksi juga akan dibahas. Siswa dianjurkan untuk bisa memahami apa perbedaan fiksi dan non fiksi serta membuatnya. Bisa membuat puisi atau cerita pendek tentang hal-hal yang ada di sekitar.
  • Materi yang berkaitan dengan sistem reproduksi dan juga pubertas juga diberikan pada ilmu pengetahuan alam. Materi ini akan mencakup tentang perbedaan pubertas pada pria dan wanita. Siswa juga harus mampu memahami sistem reproduksi dan hal-hal yang berkaitan di sekelilingnya.
  • Pada materi Seni Budaya siswa akan diajari tentang musik beserta bagian di dalamnya. Jadi mereka tidak hanya diajarkan tentang cara menyanyi dengan baik tapi juga tentang teori misal seperti nada atau interval.
  • Materi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan sosial menjurus pada tokoh penting ada di Indonesia serta arti proklamasi. Materi ini pembelajaran tentang sejarah di masa lalu akan dibahas dengan sangat rinci dan meminta siswa untuk memahaminya.

Mengembangkan Silabus untuk RPP Daring

Mengembangkan-Silabus-untuk-RPP-Daring

Pembelajaran yang dilakukan secara daring atau online tentu berbeda dengan pembelajaran secara tatap muka di kelas. Dalam beberapa tahun ini kemungkinan pembelajaran akan tetap dilakukan dengan cara ini mengingat kondisi pandemi yang belum membaik maksimal.

Apabila Anda ingin membuat RPP dari silabus untuk pembelajaran secara daring, pengembangan bisa dilakukan dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Membuat materi yang tidak terlalu padat

Pembelajaran yang dilakukan secara online atau daring sangat besar kemungkinannya mengalami masalah. Misal guru atau beberapa siswa mengalami gangguan pada koneksi sehingga materi tidak bisa disampaikan dengan sempurna.

Karena akan ada banyak hambatan seperti ini guru disarankan untuk membuat materi yang padat dan mudah dipahami. Bisa dengan merangkum beberapa materi menjadi satu selalu menyampaikan dengan cara yang mudah agar siswa bisa memahami dalam waktu cepat.

Hindari melakukan proses pembelajaran secara panjang lebar seperti yang dilakukan di kelas. Apabila terjadi masalah pada koneksi bisa saja apa yang disampaikan tidak sampai pada siswa. Hasilnya Anda harus mengulangi hal itu agar siswa lebih paham.

2. Menciptakan media pembelajaran yang sesuai

Media pembelajaran yang dilakukan dengan cara daring tentu berbeda dengan pembelajaran langsung. Pembelajaran dengan media manipulatif tidak bisa dilakukan apabila anda menggunakan aplikasi konferensi untuk melakukan pembelajaran.

Alternatifnya adalah memanfaatkan media lain seperti video untuk menyampaikan materi dengan. Bisa anda membuat video tentang eksperimen tertentu lalu meminta siswa untuk memperhatikannya.

Akan lebih baik lagi jika sebelumnya diberitahu untuk menyiapkan beberapa bahan untuk melakukan praktik. Guru bisa memandu secara langsung lalu siswa mengikuti dan meminta mereka untuk melakukan pengamatan dan menuliskan apa yang terjadi.

3. Memilih instrumen penilaian yang tempat

Memilih instrumen penilaian yang tepat saat melakukan pembelajaran secara daring merupakan tantangan bagi semua. Apa beda pembelajaran dilakukan di kelas tentu guru bisa mengamati siswa dan juga melakukan penilaian dengan lebih cermat.

Untuk menghindari banyak sekali terjadi kesalahan saat penilaian dan siswa mendapatkan apa yang mereka lakukan, instrumen harus dibuat dengan sempurna.

Instrumen ini akan mencakup banyak aspek mulai dari keaktifan sampai hasil yang didapatkan. Intinya apapun yang dilakukan oleh siswa akan dihargai dan mendapatkan hak mereka.

4. Melakukan pemantauan dengan membuat kelompok kecil

Pembelajaran akan cukup merepotkan jika dilakukan secara daring dan dalam satu kelas ada banyak. Cara terbaik untuk menyampaikan materi dan juga melakukan evaluasi adalah membagi siswa menjadi kelompok kecil. Misal satu kelompok terdiri dari 3 atau 4 siswa.

Anda bisa membuatkan grup WhatsApp untuk selanjutnya memasukkan semua siswa ke dalamnya. Pemantauan secara berkala agar semua siswa bisa mendapatkan semua materi serta mengerjakan semua tugas yang diberikan.

5. Melakukan revisi apabila terjadi kekurangan

Pembelajaran jenis apa pun sangat beresiko mengalami masalah sehingga revisi diperlukan agar di kemudian hari tidak terjadi kesalahan. Selama aku kan pembelajaran secara daring Anda bisa mengevaluasi apa saja kelebihan dan kekurangan yang sudah terjadi.

Kekurangan itu bisa diminimalkan atau diganti dengan hal lain agar tidak muncul. Hal yang baik bisa dipertahankan lalu diaplikasikan pada materi lain yang proses pembelajarannya dilakukan secara daring.

Download Silabus K13 Kelas 6 Revisi Terbaru

Download-Silabus-K13-Kelas-6-Revisi-Terbaru

Silabus adalah kumpulan materi yang berisi rincian buku tema yang sudah diterbitkan oleh. Selanjutnya setiap tema akan dipecah menjadi beberapa bagian. Setiap bagian suka akan berisi kompetensi dasar dan indikator yang harus dicapai oleh semua siswa.

Guru diharapkan untuk memahami semua isi dari silabus terlebih dahulu. Selanjutnya guru bisa membuat RPP dan juga menyampaikan materi dengan tepat. Hasilnya semua siswa bisa memahami semua materi dan mencapai semua indikator yang sudah ditetapkan. Download kumpulan silabus k13 untuk kelas 6 di bawah ini.

Download Silabus K13 Kelas 6 Revisi Terbaru Semester 1

Download Silabus Kelas 6 Tema 1

Download Silabus Kelas 6 Tema 2

Download Silabus Kelas 6 Tema 3

Download Silabus Kelas 6 Tema 4

Download Silabus Kelas 6 Tema 5

Download Silabus K13 Kelas 6 Revisi Terbaru Semester 2

Download Silabus Kelas 6 Tema 6

Download Silabus Kelas 6 Tema 7

Download Silabus Kelas 6 Tema 8

Download Silabus Kelas 6 Tema 9

Silabus K13 kelas 6 revisi terbaru yang sudah dibahas di atas akan memudahkan anda dalam membuat RPP. Semua kompetensi dasar dan juga indikator yang ditetapkan bisa dimasukkan sehingga siswa bisa melakukan apa saja yang diinginkan oleh silabus.

Karena ada revisi kemungkinan ada beberapa bagian yang ditambal sulam. Meski demikian secara umum tidak ada perubahan yang terlalu besar sehingga buku tema yang lama sekali pun masih bisa digunakan untuk sumber bahan ajar.

 

Lihat Juga :

  • Share