Download Silabus K13 Kelas 5 Semester 1 dan 2 Terbaru

  • Share

Silabus K13 kelas 5 berisi semua materi untuk semester 1 dan semester 2 sesuai dengan kurikulum terbaru. Umumnya semua materi yang digunakan sesuai dengan revisi yang dilakukan pada tahun 2018. Selanjutnya guru akan menyesuaikan materi  sesuai dengan jenis pembelajaran.

Bisa pembelajaran yang dilakukan secara daring dan pembelajaran yang dilakukan dengan tatap muka. Materi kemungkinan akan tetap sama hanya saja cara penyampaian akan berbeda. Untuk mengetahui seperti apa silabus kelas 5, simak cuplikan di bawah ini.

Materi Ajar/Bahan Ajar Silabus K13 Kelas 5

Materi-pada-Silabus-K13-Kelas-5

Berikut beberapa cuplikan materi di setiap tema pada silabus K13 kelas 5. Setiap materi kemungkinan juga berkaitan antara tema 1 dengan tema lain. Namun, pembahasan akan lebih spesifik agar terjadi perkembangan bahan ajar.

Tema 1 – Organ Gerak Hewan dan Manusia

Segala hal terkait dengan pergerakan hewan dan juga manusia akan dibahas di sini. Pergerakan ini bisa dilakukan dengan tangan atau alat lain seperti ekor atau sirip sehingga makhluk hidup bisa melakukan mobilitas dengan sempurna.

Materi tersebut akan banyak dibahas pada pelajaran IPA, tapi pada pelajaran lain seperti bahasa Indonesia juga akan dibahas khususnya tentang cerita berkaitan dengan hewan dan juga cara mereka bergerak.

Tema 2 – Udara Bersih Bagi Kesehatan

Pada tema ini bahasan akan berfokus pada kesehatan semua makhluk hidup dan berkaitan dengan udara yang bersih. Apa saja yang membuat udara menjadi bersih dan pencemaran akan dibahas secara terperinci pada beberapa mata pelajaran.

Selanjutnya udara besi juga akan berkaitan dengan fungsi organ seperti paru-paru. Ada pelajaran IPA kemungkinan juga akan dibahas mengenai fungsi dari organ dan peranan dari udara bersih dalam menciptakan tubuh yang lebih sehat dan bebas penyakit.

Tema 3 – Makanan Sehat

Pada pelajaran IPA pembahasan tentang makanan sehat seperti sayuran, buah, hingga protein akan dibahas dengan baik. Selanjutnya makanan sehat Ini juga akan berhubungan dengan masalah pencemaran seperti adanya pestisida yang juga merusak lingkungan.

Kesehatan lingkungan juga akan dibahas di sini. Apa yang terjadi di lingkungan juga akan berdampak pada organ tubuh dan juga sektor pertanian yang menghasilkan sayur atau makanan sehat lain. Semua akan berkaitan satu dengan lain sehingga kita harus menjaganya agar tidak banyak pencemaran.

Tema 4 – Sehat Itu Penting

Bahas tentang organ-organ yang berkaitan dengan peredaran darah pada manusia dan juga hewan. Organ seperti paru-paru hingga pembuluh darah akan dibahas beserta dengan faktor lain yang ada di luar seperti adanya udara yang segar dan kotor.

Pada materi lain seperti bahasa Indonesia akan membahas tentang pantun beserta ciri-cirinya. Semua siswa diharapkan bisa membuat pantun dengan baik. Pantun yang dibuat harus berisi hal-hal yang sifatnya mendidik dan bisa dikaitkan dengan kesehatan.

Tema 5 – Ekosistem

Membahas tentang makhluk hidup khususnya hewan terdekat dengan apa yang mereka makan dan juga berhubungan dengan jaring-jaring makanan. Pada materi ini juga akan dibahas tentang beberapa klasifikasi hewan yang ada di sekitar kita.

Hal-hal yang berhubungan dengan geografi khususnya kepulauan atau negara maritim juga akan dibahas. Kelebihan dari kondisi lingkungan seperti ini juga akan dibahas serta masalah yang ada di sekitarnya. Bisa kerusakan lingkungan yang saat ini sedang banyak terjadi di Indonesia

Tema 6 – Panas dan Perpindahannya

Tema ini berisi materi yang berhubungan dengan panas dan perpindahannya. Fokusnya ada pada pelajaran IPA yang membahas tentang perpindahan panas dari satu benda ke benda lain.

Materi lain yang dibahas adalah hubungan antara manusia dan sistem sosial di sekitarnya. Pada seni budaya juga akan dibahas tentang alat musik sederhana dan bagaimana cara menggunakannya.

Tema 7 – Peristiwa dalam Kehidupan

Secara spesifik akan membahas tentang peran dari kalor atau panas dalam mengubah suatu benda. Bisa mengubah benda yang awalnya padat menjadi cair atau bentuk lain seperti kristal.

Selanjutnya pembahasan tentang keberagaman sosial juga akan lebih diperinci. Pada seni budaya siswa juga akan mempelajari tentang lagu daerah dan juga bagaimana cara untuk menyanyikannya.

Tema 8 – Lingkungan Sahabat Kita

Membahas hal-hal terkait dengan isu sosial dan juga cara untuk mengatasinya. Masalah keberagaman  tetap diulas dan dikaitkan dengan lingkungan dan kejadian alam yang ada di sekitarnya.

Tema 9 – Benda Benda di Sekitar Kita

Mengamati hal-hal yang ada di sekitar yang termasuk objek geografi. Siswa bisa melakukan pengamatan di sekitar rumahnya atau dengan melihat media. Materi lain, berkaitan dengan tema enam dan tujuh, perbedaan hanya pada pembahasan intinya saja.

Mengembangkan Silabus Menjadi RPP yang Baik

Pengembangan silabus menjadi RPP yang baik bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Memecah materi dengan baik

Memecah-materi-dengan-baik

Anda harus mampu memecah materi dengan baik pada silabus yang sudah disiapkan. Biasanya setiap subtema akan dibagi menjadi beberapa puluh jam pelajaran.

Anda bisa mengambil beberapa jam pelajaran untuk dijadikan satu RPP. Aku kan pengembangan agar semua indikator yang ada di dalamnya bisa masuk dan semua siswa melampauinya.

2. Membuat alokasi waktu yang tepat

Membuat-alokasi-waktu-yang-tepat

Alokasi waktu juga harus tepat mulai dari pemilihan saat membuat RPP dan penyampaiannya. Misal 1 materi akan dibuat menjadi 4 jam pelajaran. Selanjutnya akan dibagi menjadi dua pertemuan yang masing-masing membahas satu materi tertentu.

Pagi juga alokasi waktu ini mulai dari pengenalan, pembelajaran inti, sampai penutupan. Buat dengan rinci agar panduan ini bisa digunakan saat pembelajaran.

3. Menciptakan bahan ajar yang sesuai

Menciptakan-bahan-ajar-yang-sesuai

Ciptakan bahan ajar yang sesuai dengan materi. Anda bisa menggunakan video atau media lain agar semua siswa bisa mendapatkan materi dengan baik. Apalagi pembelajaran dilakukan secara daring.

4. Sudah siap dengan masalah dan solusi yang akan terjadi

Sudah-siap-dengan-masalah-dan-solusi-yang-akan-terjadi

Anda harus mewaspadai setiap masalah yang akan terjadi selama pembelajaran. Jadi begitu masalah muncul Anda sudah bisa mengatasinya dengan baik.

Download Silabus K13 Kelas 5

Download-Silabus-K13-Kelas-5

Silabus K13 kelas 5 secara umum akan terbagi menjadi 9 tema besar. Setiap tema akan dibuat menjadi beberapa sub tema yang dijabarkan ke lima mata pelajaran inti yang saling berkaitan satu dengan lainnya.

Mengingat silabus ini sangat penting dan menjadi panduan untuk membuat RPP, setiap guru kelas 5 wajib memilikinya dalam bentuk digital atau cetak. Jika Anda belum memiliki silabus lengkap untuk kurikulum K13 kelas 5, gunakan link dibawah ini untuk mengunduhnya.

Download Silabus K13 Kelas 5 Tema 1 semester 1

Download Silabus K13 Kelas 5 Tema 2 semester 1

Download Silabus K13 Kelas 5 Tema 3 semester 1

Download Silabus K13 Kelas 5 Tema 4 semester 1

Download Silabus K13 Kelas 5 Tema 5 semester 1

Download Silabus K13 Kelas 5 Tema 6 semester 2

Download Silabus K13 Kelas 5 Tema 7 semester 2

Download Silabus K13 Kelas 5 Tema 8 semester 2

Download Silabus K13 Kelas 5 Tema 9 semester 2

Silabus K13 kelas 5 revisi materi tematik yang terdiri dari beberapa mata pelajaran. Semua mata pelajaran akan saling berkaitan sehingga siswa bisa mempelajari materi secara penuh dan berhubungan dengan apa yang terjadi di sekitarnya.

Pada kurikulum ini siswa tetap dituntut untuk memenuhi semua indikator yang sudah ditetapkan. Dengan bantuan silabus guru bisa membuat materi hingga instrumen penilaian agar apa yang sudah dilakukan bisa terkontrol dengan baik.

 

Lihat Juga :

  • Share