Download Silabus Geografi SMA Kelas X, XI, XII

  • Share

Silabus adalah agenda pembelajaran yang berlaku pada kelompok mata pelajaran tertentu. Penggunaan silabus ini sendiri diterapkan terhadap semua jenjang pendidikan dan mata pelajaran. Termasuk juga silabus geografi SMA di dalamnya.

Di dalam silabus ini termaktub dengan jelas mengenai standar kompetensi dasar (SKD), materi pembelajaran atau materi pokok, bentuk kegiatan pembelajaran, serta indikator pencapaian kompetensi yang harus dipenuhi siswa.

Pengertian Silabus Menurut Para Ahli

Pengertian-Silabus-Menurut-Para-Ahli

Silabus ini seringkali tertukar dengan RPP. Padahal keduanya jelas memiliki arti dan fungsi yang berbeda. Yang benar RPP adalah hasil pengembangan dari silabus. Di dalamnya dijelaskan secara detail apa saja yang berhubungan dengan pembelajaran siswa per sesi.

Sedangkan Silabus ini merupakan hasil pengembangan dari kurikulum. Agar tidak salah dalam memahami apa itu silabus, penting bagi Anda untuk menilik pengertian silabus menurut para ahli. Langsung saja ini dia penjelasannya.

1. Menurut Kusnandar

Silabus menurut Kusnandar adalah perencanaan pembelajaran yang diterapkan pada suatu kelompok belajar atau atau grup dengan tema tertentu. Perencanaan pembelajaran ini juga diintegrasikan dengan kompetensi dasar, kegiatan pembelajaran, indikator dan materi pokok.

2. Menurut Yulaelawati

Menurut Yulaelawati, silabus adalah seperangkat pengaturan, perencanaan dan penilaian dalam sebuah pembelajaran yang dibuat secara sistematis dan terintegrasi dengan komponen khusus demi mencapai kompetensi dasar.

3. Menurut Trianto

Menurut Trianto, silabus ini adalah perencanaan pembelajaran yang mengacu pada standar pendidikan dari pemerintah dengan tujuan pencapaian kompetensi demi mendapatkan penilaian. Di dalamnya juga terdapat perhitungan alokasi waktu dan sumber belajar.

Manfaat Perancangan Silabus

Manfaat-Perancangan-Silabus

Ada banyak alasan kenapa silabus harus dirancang sebelum Kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan. Salah satu diantaranya adalah manfaat silabus itu sendiri terhadap para peserta didik. Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari silabus tersebut? Ini dia penjelasannya.

  1. Silabus bisa dijadikan pedoman utama dalam pengembangan pembelajaran. Contohnya dalam pengembangan RPP, pengembangan sistem penilaian dan pengelolaan kegiatan pembelajaran.
  2. Silabus adalah sumber pokok dari RPP yang mengacu pada standar kompetensi dan kompetensi dasar.
  3. Silabus berperan besar untuk menjadi pedoman perencanaan pengelolaan kegiatan pembelajaran seperti kelas klasikal, kelompok, atau individu.

Penting bagi Anda untuk memahami manfaat dari silabus itu secara keseluruhan. Hal ini akan berdampak positif bagi proses perancangan Silabus Geografi untuk jenjang SMA yang Anda butuhkan.

Langkah-langkah Pengembangan Silabus Geografi SMA

Langkah-langkah-Pengembangan-Silabus-Geografi-SMA

Untuk menciptakan silabus yang sesuai dengan standar dari Kementerian Pendidikan, tentu ada langkah-langkah khusus yang harus ditempuh. Langkah-langkah ini bertujuan untuk mempermudah Anda dalam perancangan islabus itu sendiri.

Terlebih lagi untuk mata pelajaran Geografi yang memiliki cakupan materi sangat luas. Tentu saja proses perancangannya harus diperhatikan dengan baik. Langsung saja ini dia langkah-langkah yang harus Anda ikuti sampai tuntas.

1. Mengkaji Kompetensi Dasar

Melakukan kajian terhadap Kompetensi Dasar dan Standar Kompetensi yang sudah ditentukan oleh Pemerintah. Kemudian Standar Kompetensi ini dikorelasikan dengan mata pelajaran geografi SMA yang hendak dibuat Silabusnya sesuai dengan Standar isi.

2. Mengidentifikasi Materi Pokok Pembelajaran

Langkah selanjutnya adalah melakukan identifikasi terhadap materi pokok pembelajaran di dalam mata pelajaran Geografi untuk menunjang pencapaian Kompetensi Dasar dengan lebih mudah lagi.

3. Mengembangkan kegiatan Pembelajaran

Langkah lainnya adalah melakukan pengemabangan terhadap kegiatan pembelajaran. Tujuan dari proses pengembangan ini adalah untuk memberi pengalaman belajar yang baik terhadap para peserta didik. Disamping itu, proses ini bertujuan untuk melatih mental dan fisik dalam substansi mencapai kompetensi dasar.

4. Merumuskan Indikator Penilaian

Poin lain yang tidak kalah penting untuk Anda pahami adalah melakukan perumusan terhadap indikator penilaian siswa. Wajib diketahui, indikator ini adalah tanda dari pencapaian Kompetensi Dasar yang dilakukan oleh para peserta didik.

5. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi

Dengan mengacu pada indikator penilaian yang sudah dibuat sebelumnya, guru kemudian membuat rumusan indikator pencapaian kompetensi dengan mengacu pada indikator penilaian tersebut. Indikator ini juga menjadi landasan untuk melakukan penyusunan alat penilaian nantinya.

6. Menentukan Jenis Penilaian

Langkah pembuatan Silabus lainnya adalah menentukan jenis penilaian yang akan diambil. Sejauh ini penilaian biasanya dilakukan dengan tes tertulis dengan standar kelulusan tertentu. Tentu saja standar ini harus mengacu pada aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

7. Menentukan Alokasi Waktu

Langkah lain yang harus dilakukan pada saat Anda melakukan penyusunan silabus ini adalah menentukan alokasi waktu. Pada setiap kompetensi dasar, terdapat jumlah minggu efektif. Dari sinilah alokasi waktu tersebut harus diambil.

8. Menentukan Sumber Belajar

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah menentukan apa yang akan menjadi sumber belajar para siswa SMA pada mata pelajaran geografi ini. Dalam penyusunannya, sumber belajar ini harus disesuaikan dengan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Materi Pokok dan Indikator Pencapaian.

Apa Saja Isi di Dalam Silabus?

Apa-Saja-Isi-di-Dalam-Silabus

Di dalam silabus terdapat beberapa isi penting yang harus Anda ikuti sistematika penulisannya. Adapun isi dan sistematika penulisan dari silabus tersebut adalah seperti di bawah ini. Pastikan untuk mengikuti panduannya secara berurutan.

  1. Identitas mata pelajaran yang mencakup nama sekolah, kurikulum satuan pendidikan dan kelas.
  2. Kompetensi inti dari mata pelajaran Geografi SMA
  3. Kompetensi dasar dari mata pelajaran Geografi SMA
  4. Materi pokok mata pelajaran geografi SMA yang mencakup konsep, fakta, prosedur dan prinsip pembelajaran dengan pendekatan terhadap rumusan indikator pencapaian siswa.
  5. Proses pembelajaran
  6. Metode penilaian yang akan diambil
  7. Alokasi waktu yang dibutuhkan untuk menjelaskan mata pelajaran Geografi SMA
  8. Sumber belajar yang dibutuhkan seperti buku, media elektronik, media cetak, alam, atau sumber relevan lainnya.

Tentunya seluruh isi dari silabus tersebut penting untuk Anda terapkan ke dalam silabus yang dibuat, Jika kurang salah satu saja, maka silabus ini bisa dibilang tidak sempurna dan tidak sesuai dengan aturan yang diberlakukan saat ini.

Prinsip Pengembangan SIlabus yang Harus Dipatuhi

Prinsip-Pengembangan-SIlabus-yang-Harus-Dipatuhi

Di dalam pengembangan silabus Geografi SMA ini ada beberapa prinsip yang wajib Anda patuhi. Sudah tentu prinsip ini juga menjadi salah satu acuan apakah silabus tersebut akan sesuai dengan standar pemerintah atau tidak. Ini dia prinsip-prinsip tersebut.

  1. Ilmiah
  2. Relevan
  3. Sistematis
  4. Konsistensi
  5. Kecukupan
  6. Aktual & Kontekstual
  7. Fleksibel
  8. Menyeluruh

Prinsip-prinsip tersebut wajib untuk diikuti secara menyeluruh, tidak boleh ada yang terlewatkan sedikitpun karena hal ini bisa berdampak pada kualitas silabus yang dirancang setelahnya.

Download Silabus Geografi SMA Kelas X, XI, dan XII

Download-Silabus-Geografi-Untuk-SMA

Untuk Anda yang tidak memiliki waktu cukup untuk membuat silabus yang berkualitas, Anda bisa mengunduhnya pada tautan yang kami sediakan di bawah ini. Silabus Geografi SMA ini bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Download Silabus Geografi SMA Kelas X K-13 Revisi 2020/2021

Download Silabus Geografi SMA Kelas XI K-13 Revisi 2020/2021

Download Silabus Geografi SMA Kelas XII K-13 Revisi 2020/2021

Sudah tentu Anda bisa melakukan beberapa perubahan di dalamnya sesuai dengan kebutuhan. Pastikan juga untuk menyesuaikan materi yang ada pada silabus dengan materi pembelajaran geografi yang diambil. Berbeda kelas akan berbeda juga materi yang harus disampaikan.

 

Lihat Juga :

  • Share