Download Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, XII

  • Share

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, XII didesain untuk memberikan informasi terkait minat dan jenis bakat yang relevan dengan karir dan keterampilan siswa SMK. Sehingga melalui silabus serta RPP ini, siswa akan memungkinkan untuk mengetahui kelemahan & kekuatan individu.

Selain itu juga bisa menemukan cara untuk memakai pengetahuan tersebut secara optimal dengan bantuan guru sebagai pendamping. Keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik SMK memang perlu dikembangkan untuk bisa bersaing di dunia kerja dengan mengoptimalkan minat serta bakatnya.

9 Langkah Penting yang Harus Diperhatikan Saat Menyusun Silabus

9-Langkah-Penting-yang-Harus-Diperhatikan-Saat-Menyusun-Silabus

Anda harus memperhatikan beberapa langkah penting dalam penyusunan silabus sesuai dengan Kurikulum 2013. Hal itu perlu dilakukan supaya silabus yang Anda buat tidak jauh berbeda sesuai peraturan berlaku saat ini.

Selain itu, Anda juga perlu membuat silabus berdasarkan kurikulum pada saat ini, agar silabus tersebut dapat dikembangkan menjadi perangkat pembelajaran lainnya seperti RPP. Apalagi RPP juga wajib dibuat sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran bersama peserta didik.

Oleh sebab itu, Anda harus menyusun silabus dengan benar karena akan berpengaruh untuk ke depannya. Adapun beberapa langkah penting pembuatan silabus di antaranya seperti:

1. Mengisi Kolom Identitas Sekolah Anda dan Mata Pelajaran yang Diampu

Anda perlu memperhatikan bagian silabus pada langkah pertama ini, berupa identitas sekolah serta mata pelajarannya. Anda harus menuliskan nama sekolah serta jenis mata pelajaran dengan jelas, seperti ditujukan untuk peserta didik kelas berapa, semester ganjil atau genap, dan alokasi waktu.

sehingga kita perlu menuliskan dengan jelas Nama sekolah, Jenis Mata pelajaran, ditujukan untuk kelas berapa, pada semester mana, dan informasi terkait lainnya sesuai kebutuhan.

2. Menuliskan KI (Kompetensi Inti)

Kompetensi Inti wajib dituliskan di dalam penyusunan silabus khususnya yang memakai Kurikulum 2013. Kompetensi Inti ini biasanya meliputi:

  • aspek sikap sosial
  • aspek sikap spiritual
  • aspek sikap keterampilan

3. Menuliskan KD (Kompetensi Dasar)

Kompetensi Dasar adalah hal yang tidak boleh dilewatkan dan hal sangat penting di dalam penyusunan silabus. Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan yang wajib dikuasai oleh seorang peserta didik dalam suatu pelajaran tertentu, yaitu sebagai rujukan penyusunan dari indikator kompetensi.

Kompetensi Dasar ini akan berlaku secara nasional. Perlu diketahui bahwa KD ditetapkan oleh BSNP atau Badan Standar Nasional Pendidikan.

4. Menuliskan IPK (lndikator Pencapaian Kompetensi)

Indikator Pencapaian Kompetensi adalah bagian yang tidak2 bisa dipisahkan dari KD (Kompetensi Dasar). IPK ini memiliki fungsi sebagai acuan / pedoman di dalam merumuskan sebuah tujuan pembelajaran.

5. Mengidentifikasi serta Menuliskan Materi Pembelajaran / Materi Pokok

Materi pembelajaran atau pokok ini adalah pokok-pokok dari materi pembelajaran yang harus dipelajari oleh para peserta didik untuk bisa mencapai indikator dan Kompetensi Dasar. Jenis materi pokok dapat berupa konsep, fakta, keterampilan, maupun suatu prosedur tertentu.

6. Menuliskan Kegiatan Pembelajaran yang Akan Dilaksanakan

Kegiatan pembelajaran yang dimaksud di sini merupakan suatu kegiatan belajar dan mengajar akan dilaksanakan serta dipelajari. Hal itu dilakukan dengan harapan bisa tercapainya tujuan pembelajaran sesuai ketentuan yang berlaku.

Kegiatan pembelajaran sendiri pada dasarnya adalah bentuk atau pola umum dari kegiatan yang hendak dilaksanakan di dalam proses pembelajaran. Adapun kegiatan pembelajaran ini bisa terbagi menjadi 2 jenis, di antaranya seperti:

Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka

Kegiatan tatap muka ini berupa suatu kegiatan belajar dalam bentuk interaksi di antara guru dan siswa secara langsung, baik berupa tanya jawab, ceramah, kuis, diskusi, tes, dan sebagainya.

Kegiatan Pembelajaran Bukan Tatap Muka

Kegiatan bukan tatap muka berupa kegiatan guru dengan siswa yang dilakukan tidak secara langsung, biasanya berupa kegiatan mempraktikkan, demonstrasi, mensimulasikan, mengukur, mengaplikasikan, mengadakan eksperimen, menemukan, menganalisis, mengamati, & menelaah.

Selain itu, kegiatan bukan tatap muka juga bisa berupa kegiatan pembelajaran kecakapan hidup maupun pembelajaran kontekstual. Kegiatan pembelajaran pun didesain untuk bisa memberikan pengalaman belajar yang nyata dalam melibatkan proses fisik dan mental.

Pengalaman belajar tersebut dilaksanakan melalui interaksi antar peserta didik, guru dengan peserta didik, lingkungan, serta sumber belajar yang lain dalam rangka tercapainya Kompetensi Dasar yang ditetapkan.

7. Menentukan Jenis Penilaian yang Akan Digunakan

Guru diharuskan untuk bisa menentukan jenis-jenis penilaian yang hendak dipakai, serta bentuk penilaiannya diharapkan sesuai dengan karakter dan kondisi peserta didik. Penilaian pencapaian Kompetensi Dasar pada peserta didik dilaksanakan berdasarkan dari indikator.

Penilaian tersebut dilaksanakan dengan memakai tes maupun bukan tes dalam bentuk lisan maupun tertulis, pengukuran sikap, pengamatan kinerja, proyek maupun produk, penilaian hasil karya berupa tugas, penilaian diri, penggunaan portofolio.

8. Menuliskan Alokasi Waktu yang Dibutuhkan

Menentukan alokasi waktu pada silabus juga tidak kalah penting ketika sedang menyusun silabus. Alokasi waktu yang Anda cantumkan di dalamnya adalah perkiraan waktu rerata yang dibutuhkan untuk bisa menguasai Kompetensi Dasar oleh para keberagaman peserta didik.

9. Menentukan Sumber Belajar

Sumber belajar juga perlu dituliskan ketika sedang menyusun atau membuat silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan kelas XII. Hal itu karena sumber belajar adalah referensi yang sangat penting untuk mengetahui asal materi yang dipilih diambil dari mana sumbernya.

Sumber belajar adalah buku ajar / rujukan, bahan maupun objek yang dipakai untuk kegiatan pembelajaran. Misalnya seperti media elektronik dan cetak, berupa narasumber, serta lingkungan alam, fisik, budaya, & sosial.

Penentuan sumber belajar ini biasanya didasarkan pada materi pokok atau pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan pembelajaran, dan Kompetensi Dasar.

Link Download Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, XII

List-Download-Silabus-dan-RPP-SMK-Kelas-X-XI-XII

Salah satu hasil yang bisa Anda peroleh dari perangkat pembelajaran yaitu terdapat tes minat dan bakat bakat yang bisa memetakan peserta didik dalam pemilihan minat maupun bakatnya. Sehingga bisa sesuai dengan keterampilannya.

Direktorat Pembinaan SMK dalam hal ini memberikan beberapa contoh silabus maupun RPP untuk sejumlah pelajaran untuk melengkapi pedoman penyusunan implementatif. Kemudian para pengawas, guru, kepala, serta berbagai pihak yang terkait juga mempunyai gambaran jelasnya.

Beberapa contoh yang ada dalam daftar di bawah merupakan kondisi minimal yang bisa disempurnakan dan dikembangkan sesuai dengan situasi & kondisi dalam satuan pendidikan. Berikut daftar contoh-contoh silabus dan RPP SMK kelas X, XI, XII di atas.

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan XII Bahasa Indonesia – Download

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan XII Bahasa Inggris– Download

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan XII SMK Bahasa Arab – Download

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan XII Bahasa Sunda – Download

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan XII SMK Plh  – Download

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan XII Bimbingan Konseling (BK) – Download

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan XII  PAI – Download

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan XII Penjaskes– Download

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan XII  IPA – Download

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan XII IPS – Download

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan XII PKN– Download

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan XII Fisika– Download

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan XII Kimia – Download

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan XII Kewirausahaan – Download

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan XII Matematika– Download

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan XII KKPI– Download

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan XII KKPI Seni Budaya – Download

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan XII Produktif TKJ – Download

Silabus dan RPP SMK Kelas X, XI, dan XII Produktif AP – Download

Beberapa contoh Silabus dan RPP di atas bisa dikatakan masih jauh dari kata sempurna. Sehingga masih memerlukan saran / masukan dalam rangka pengembangan bakat dan minat seorang peserta didik di sekolah.

Kritik dan saran yang memiliki sifat membangun dari Anda sangat diharapkan. Hal itu karena demi silabus dan RPP menjadi lebih sempurna untuk ke depannya. Contoh di atas juga bisa dijadikan sebagai pedoman atau Anda tiru untuk pembuatan silabus & RPP di sekolah.

 

Lihat Juga :

  • Share