Download Silabus dan RPP SD Kelas 3 Revisi 2021 K13

  • Share

Silabus dan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) terus direvisi untukĀ  mengikuti perkembangan belajar yang ada. Silabus dan RPP SD Kelas 3 Revisi 2020 Kurikulum 2013 adalah yang terbaru. Bisa digunakan untuk pembelajaran saat ini. Pembahasan pada silabus dan RPP ini memiliki delapan tema.

Tema yang digunakan silabus kelas 3 ini sudah disesuaikan dengan metode pembelajaran yang baru. Siswa diajari pengamatan dan pencermatan terhadap benda-benda di sekitarnya yang lebih luas. Seperti memerhatikan kondisi alam, cuaca, perkembangan teknologi, dan semacamnya.

Materi Silabus dan RPP SD Kelas 3 Revisi 2020 K13

Terdapat delapan tema pembelajaran untuk kelas 3 sekolah dasar (SD). Dibagi empat tema untuk semester pertama dan empat tema pada semester kedua. Pembelajaran meliputi hal-hal terdekat dengan lingkup yang lebih luas. Sehingga siswa bisa memperluas pengetahuan dan wawasannya.

Tema dikemas dengan pembelajaran yang mengikuti teknologi. Bisa menggunakan cara atau metode pembelajaran yang lebih menyenangkan sesuai dengan usia para siswa kelas 3 SD. Guru dapat mendorong kreativitas murid dengan kemasan pembelajaran sesuai kreativitas. Berikut tema Silabus dan RPP SD Kelas 3 Revisi 2020 Kurikulum 2013:

1. Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Pertumbuhan-dan-Perkembangan-Makhluk-Hidup

Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup harus dipelajari siswa dengan baik. Siswa dapat mengetahui bagaimana hewan dan makhluk hidup lain tumbuh hingga berkembang biak. Pembelajaran ini bisa dilakukan dengan pengamatan dan observasi kecil-kecilan terhadap obyek.

Siswa harus memahami konsep pertumbuhan makhluk hidup dari hal paling dasar. Mengenal berbagai jenis makhluk hidup berdasarkan klasifikasinya. Pengenalan makhluk hidup juga bisa dikemas melalui lagu. Seperti lagu seputar hewan atau tanaman.

Pengenalan pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup juga bisa diakukan melalui cerpen atau artikel. Terpenting adalah bagaimana siswa tersebut dapat memahami tema pembelajaran dengan baik. Selanjutnya bisa diaplikasikan di kehidupannya sehari-hari, baik di dalam maupun di luar sekolah.

2. Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Menyayangi-Tumbuhan-dan-Hewan

Setelah tahu bagaimana makhluk hidup tumbuh dan berkembang, siswa harus dilatih kepeduliannya. Dengan menyayangi makhluk hidup tersebut. Menyayangi tumbuhan dan hewan bisa diimplementasikan dengan memelihara atau merawat tanaman tersebut di rumah atau di sekolah.

Dengan merawat tumbuhan dan hewan, siswa dapat memiliki rasa kasih sayang. Bisa dinilai dengan siswa membaca lalu menjawab pertanyaan seputar tumbuhan dan hewan. Penilaian juga bisa dilakukan dengan menuliskan identifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang diamati siswa.

Mengidentifikasi makhluk hidup bisa melalui gambar atau teks tulisan seputar ciri-ciri hewan dan tumbuhan. Pembelajaran bisa dilengkapi dengan praktik pengamatan melalui lisan maupun verbal terhadap obyek. Selanjutnya pengamatan siswa itu bisa ditulis atau diceritakan kembali di kelas.

3. Benda di Sekitarku

Benda-di-Sekitarku

Siswa bisa mengenali benda sederhana yang berada di sekitarnya melalui berbagai metode. Tidak berbeda jauh dengan pengamatan makhluk hidup. Namun bedanya, yang dimati pada tema ketiga ini adalah benda mati. Seperti papan tulis, sepatu, buku, tas, pensil, dan sebagainya.

Pengenalan benda mati ini bisa dilakukan melalui berbagai permainan pembelajaran yang seru. Misal, siswa membentuk grup diskusi untuk menuliskan ciri-ciri benda yang dimaksud. Selanjutnya kelompok lain menebak benda apa yang dituliskan sesuai ciri-ciri yang ada.

Benda di sekitar siswa ini juga melatih kemampuan motorik untuk tumbuh kembang anak didik. Siswa memiliki banyak kosakata baru untuk mengenali benda-benda di sekitarnya. Kemampuan ini penting untuk kelanjutan pendidikan siswa ke depannya.

4. Kewajiban dan Hakku

Kewajiban-dan-Hakku

Selain mengenal benda, siswa juga harus mengenal konsep tak benda. Salah satunya antara hak dan kewajiban. Keduanya wajib dikenalkan ke anak didik agar tahu apa yang menjadi kewajibannya, dan sekaligus hak yang bisa dia dapatkan setelah melakukan kewajiban.

Kewajiban adalah hal yang harus dilakukan seseorang. Misal, sebagai siswa memiliki kewajiban belajar dan menuntut ilmu setinggi mungkin. Kewajiban lain seorang anak adalah berbakti kepada orang tua. Contoh lain, kewajiban lain dalam beragama adalah beribadah.

Sementara hak adalah sesuatu yang bisa didapatkan setelah menjalankan kewajiban. Misal, siswa memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang baik saat di sekolah. Siswa juga mendapat hak berpendapat yang sama di dalam kelas. Hak semacam ini yang harus dikenalkan sejak dini.

5. Cuaca

Cuaca

Cuaca menjadi salah satu tema semester dua pada silabus dan RPP SD Kelas 3 Revisi 2020 kurikulum 2013. Pengenalan cuaca penting bagi siswa sebelum mengenal ilmu pengetahuan alam (IPA). Pengggambaran cuaca secara garis besar dapat membantu siswa dalam mengidentifikasi masalah.

Sebagai ngarai beriklim tropis, secara garis besar cuaca atau musim dibagi menjadi dua. Musim kemarau dan musim hujan. Perlu dikenalkan pula cuaca di negara lain, seperti musim dingin yang dapat mengeluarkan salju, musim guru, musim semi, musim hujan, dan sebagainya.

6. Energi dan Perubahannya

Energi-dan-Perubahannya

Sebelum mengenal energi lebih jauh, siswa dapat dikenalkan secara singkat energi. Pengenalan energi dan perubahannya bisa dilakukan dengan melakukan percobaan ringan. Seperti perubahan energi panas menjadi listrik dengan percobaan solar All.

Perubahan energi ini merupakan bentuk pengenalan sains sejak dini. Apalagi perubahan energi nantinya akan banyak dibahas oleh siswa kelas selanjutnya. Sehingga guru dapat mulai mengenalkan berbagai jenis energi kepada siswa didik.

7. Perkembangan Teknologi

Perkembangan-Teknologi

Perkembangan teknologi merupakan salah satu revisi untuk menyesuaikan perkembangan zaman saat ini. Perkembangan teknologi yang cukup pesat membuat banyak siswa mengenal benda canggih yang tidak ada pada satu dekade terakhir.

Perkembangan teknologi dapat dikenalkanĀ  melalui hal sederhana. Antara lain seperti komputer, laptop, ponsel, atau gawai lainnya. Siswa juga harus dikenalkan berbagai dampak teknologi. Dengan demikian, siswa bisa dibimbing untuk memanfaatkan teknologi ke arah positif.

Teknologi adalah hal yang tidak bisa dihindari dari kehidupan siswa. Maka dari itu, guru memiliki tugas untuk mengarahkannya ke hal positif.

8. Praja Muda Karana (Pramuka)

Praja-Muda-Karana-Pramuka

Setelah mengenal banyak jenis interaksi, siswa dapat dilatih kecakapannya melalui Pramuka. Gerakan yang mengajarkan manusia berbudi luhur ini penting untuk melatih rasa kekompakan dan kepedulian siswa. Melalui penanaman nilai di Trisatya dan Dasadharma Pramuka.

Penanaman nilai Pramuka dapat dilakukan dalam pelajaran PPKN. Seperti menanamkan nilai ketuhanan dan kemanusiaan. Dengan memberi pertolongan untuk orang yang membutuhkan. Juga bisa diberikan melalui contoh menghormati orangĀ  tua dan menyayangi sesamanya.

Download Silabus dan RPP SD Kelas 3

Download-Silabus-dan-RPP-SD-Kelas-3

Setelah mengetahui sekilas seputar silabus ini, Anda dapat download dokumen tersebut sebagai panduan mengajar. Silabus sangat penting sebagai pedoman siswa belajar. Apalagi untuk pembelajaran siswa SD. Silabus sebagai pedoman pembelajaran awal sebelum siswa belajar lebih jauh.

Download silabus dan RPP SD Kelas 3 Revisi 2020 kurikulum 2013 di bawah ini:

Silabus SD Kelas 3 Revisi K13 2020

Semester 1

Silabus Kelas 3 Tema 1

Silabus Kelas 3 Tema 2

Silabus Kelas 3 Tema 3

Silabus Kelas 3 Tema 4

Semester 2

Silabus Kelas 3 Tema 5

Silabus Kelas 3 Tema 6

Silabus Kelas 3 Tema 7

Silabus Kelas 3 Tema 8

RPP SD Kelas 3 Revisi K13 2020

RPP Kelas 3 Tema 1 Semester 1

Sub Tema 1

Sub Tema 2

Sub Tema 3

Sub Tema 4

RPP Kelas 3 Tema 2 Semester 1

Sub Tema 1

Sub Tema 2

Sub Tema 3

Sub Tema 4

RPP Kelas 3 Tema 3 Semester 1

Sub Tema 1

Sub Tema 2

Sub Tema 3

Sub Tema 4

RPP Kelas 3 Tema 4 Semester 1

Sub Tema 1

Sub Tema 2

Sub Tema 3

Sub Tema 4

RPP Kelas 3 Tema 5 Semester 2

RPP Kelas 3 Tema 6 Semester 2

RPP Kelas 3 Tema 7 Semester 2

RPP Kelas 3 Tema 8 Semester 2

Nah, jika sudah, untuk selanjutnya silabus tersebut bisa dikembangkan sesuai kreativitas pembelajaran guru. Pembelajaran untuk siswa kelas 3 SD harus dibawakan dengan cara menyenangkan agar tidak membosankan.

 

Lihat Juga :

  • Share