RPP Seni Budaya Kelas 8

  • Share

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP Seni Budaya Kelas 8 adalah pegangan yang harus dimiliki semua guru seni. Dengan RPP, pembelajaran yang dilakukan baik secara daring atau tatap muka bisa berjalan dengan lancar.

Pembuatan RPP Seni Budaya Kelas 8 umumnya menyesuaikan dengan materi kurikulum yang berlaku. Pemerintah sudah menyediakan materi pokok dan panduan umum, Anda bisa mengembangkannya dari bahan tersebut agar sesuai dengan media yang dipakai.

RPP Seni Budaya Kelas 8

Mata pelajaran Seni Budaya yang ada di jenjang SMP kelas 8 terdiri dari empat jenis. Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Seni Rupa

Seni-Rupa

 

Pertama ada materi yang berhubungan dengan seni rupa. Materi ini akan berhubungan dengan menggambar dengan menggunakan media kertas atau kanvas.

Siswa umumnya diminta untuk mengikuti apa yang dilakukan oleh guru terlebih dahulu. Selanjutnya mereka diberi tugas untuk melakukan proyek tertentu yang berhubungan dengan seni rupa.

Selain berhubungan dengan menggambar, pembelajaran ini juga berhubungan dengan karya seni. Jenis kerajinan dua dimensi atau tiga dimensi masuk ke dalam ranah ini.

2. Seni Tari

Seni-Tari

Bagian kedua dari seni budaya adalah seni tari. Pada materi seni tari guru akan mengajarkan beberapa gerakan tari sederhana kepada siswa untuk diturunkan. Umumnya, tari yang akan diajarkan jenis tari tradisional dari daerah tersebut atau tari yang cukup terkenal di Indonesia.

Selain tari tradisional materi yang berhubungan dengan tarian modern juga bisa diberikan. Pada materi ini siswa diberi kebebasan untuk mengekspresikan kreativitasnya melalui gerakan tarian.

Penilaian akan dilakukan dengan melihat seberapa kompaknya siswa dalam melakukan tari, bagaimana mereka menghafal gerakan yang sudah pakem, dan kreativitas mereka dalam menciptakan gerakan tari baru menggunakan musik yang mereka sukai.

3. Seni Musik

Seni-Musik

Materi ketiga adalah seni musik. Pada pelajaran seni musik umumnya siswa akan mempelajari dua hal. Pertama adalah menguasai teknik vokal lalu mempraktikkannya dalam sebuah nyanyian. Selanjutnya mereka juga mempelajari teori tentang teknik vokal.

Mempelajari alat musik tertentu juga bagian dari seni musik. Siswa akan diminta untuk mempelajari satu jenis alat musik yang umum dipakai semisal gitar dan harus digunakan pada saat mereka melakukan tes akhir.

Materi opsional yang bisa diberikan pada siswa adalah bagaimana mereka bisa menciptakan lirik lagu dan musik. Dengan kreativitas mereka, lagu bisa diciptakan dengan bantuan alat musik yang mereka kuasai selama periode pembelajaran.

4. Teater

Teater

Materi terakhir yang bisa diberikan pada pembelajaran seni budaya adalah teater. Pada materi teater siswa akan mempelajari beberapa teori tentang pertunjukan khususnya pada naskah yang cukup populer di Indonesia.

Siswa juga diminta untuk membuat naskah sederhana yang nantinya akan ditampilkan pada akhir pembelajaran. Naskah ini umumnya ditulis secara berkelompok lalu semua siswa akan berlatih untuk memerankan apa yang sudah tertulis di dalamnya.

Mereka harus menguasai bagaimana cara menghafal script yang panjang, menguasai emosi serta mimik muka, hingga bagaimana mengucapkan kata-kata dengan artikulasi yang sempurna.

Terakhir, pertunjukan yang menarik dengan bantuan musik, properti seni, hingga tarian bisa dilakukan. Intinya pada materi teater ini siswa akan menggunakan semua kemampuan yang didapatkan dari tiga materi pokok sebelumnya.

Kerangka RPP secara Umum

Kerangka-RPP-secara-Umum

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SENI BUDAYA KELAS 8 SEMESTER 1/2

Nama Sekolah: ….

Kelas/ Semester: ….

Tema/ Subtema: ….

Alokasi Waktu: ….

  1. Kompetensi Inti (KI) – Bisa dilihat dari kurikulum yang dikeluarkan oleh pemerintah
  2. Kompetensi Dasar dan Indikator – Bisa dilihat dari kurikulum yang dikeluarkan oleh pemerintah atau dibuat sendiri
  3. Tujuan Pembelajaran – Dibuat sesuai dengan jenis pembelajaran dan media
  4. Materi Pembelajaran
  5. Metode Pembelajaran – Disesuaikan dengan pembelajaran tatap muka atau daring
  6. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
  7. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  8. Pendahuluan (… menit)
  9. Kegiatan Inti (… menit)
  10. Penutup (… menit)
  11. Penilaian – Berisi pedoman penskoran dan cara evaluasinya

Cara Mengembangkan RPP Seni Budaya Kelas 8

Ada beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk mengembangkan RPP Seni Budaya Kelas 8. Selain memperhatikan kerangka yang sudah ditulis di atas, beberapa hal di bawah ini juga penting untuk disiapkan:

1. Memilih Jenis Pembelajaran yang Tepat

Memilih-Jenis-Pembelajaran-yang-Tepat

Pembuatan rencana pembelajaran di saat pandemi tidak mudah. Pembelajaran terkadang tidak bisa dilakukan secara langsung, sehingga Anda harus menciptakan cara untuk apakah materi secara daring.

Apabila pembelajaran dilakukan secara daring Anda bisa membuat materi dalam bentuk video. Siswa bisa diminta untuk melihat video tersebut untuk mengikuti semua instruksi yang ada di dalamnya.

Selain itu pembelajaran dengan metode konferensi dengan aplikasi seperti Zoom bisa jadi alternatif. Semua siswa bisa mengamati apa yang sedang Anda instruksikan sembari mencatat atau ikut mengikuti secara langsung.

2. Memperhatikan Kepadatan Materi

Memperhatikan-Kepadatan-Materi

Materi seni budaya yang cukup banyak akan menyulitkan guru untuk menyampaikan semua materi secara langsung. Apabila materi yang disampaikan terlalu sedikit di akhir pembelajaran akan ada banyak materi yang belum disampaikan. Akhirnya banyak indikator dan kompetensi dasar tidak terpenuhi

3. Melakukan Simulasi Durasi Waktu

Melakukan-Simulasi-Durasi-Waktu

Anda bisa melakukan simulasi terhadap durasi waktu yang disediakan. Satu jam pelajaran pada SMP berjalan selama 40 menit. Bisa materi seni budaya dalam satu minggu ada 2 jam pelajaran atau sekitar 80 menit.

Lakukan simulasi apakah materi sudah dibuat sesuai dengan durasi atau terlalu panjang dan pendek. Durasi yang terlalu pendek akan membuat siswa kebingungan untuk mengikuti dari awal sampai akhir. Sebaliknya, durasi yang terlalu panjang membuat siswa jadi cepat jenuh dan banyak menganggur.

4. Membuat Instrumen Penilaian yang Benar

Membuat-Instrumen-Penilaian-yang-Benar

Buat instrumen penilaian yang benar. Beli yang dilakukan dengan model pembelajaran tatap muka tentu berbeda dengan model pembelajaran secara daring.

Anda harus memikirkan bagaimana penilaian berjalan agar tetap adil dan sesuai dengan apa yang sudah dilakukan oleh siswa. Tidak akan ada siswa yang merasa dirugikan dengan model pembelajaran secara online.

5. Melakukan Revisi

Melakukan-Revisi

Tidak semua RPP yang dibuat makan sesuai dengan realitas saat pembelajaran berjalan. Terkadang ada beberapa hal yang harus ditambah atau dikurang agar pembelajaran bisa berjalan dan semua indikatornya tercapai.

Lakukan beberapa revisi jika diperlukan pada RPP yang sudah dibuat. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki tim yang sama-sama mengampu pelajaran seni budaya. Jadi, siap guru bisa saling memberikan komentar positif dan membangun.

Download RPP Seni Budaya Kelas 8 Semester 1 dan 2

Download-RPP-Seni-Budaya-Kelas-8

Secara umum materi utama dari RPP Seni Budaya kelas 8 hampir sama satu dengan lainnya. Perbedaannya hanya pada model pembelajaran yang saja serta evaluasi yang dilakukan.

Apabila Anda merasa kebingungan untuk membuat RPP Seni Budaya kelas 8, kami menyediakan beberapa contoh yang bisa diunduh secara gratis di dalam artikel ini. Pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan atau modifikasi jika ada yang ingin ditambahkan.

Download RPP Seni Budaya Kelas 8 Semester 1

Pembelajaran 1

Pembelajaran 2

Pembelajaran 3

Pembelajaran 4

Download RPP Seni Budaya Kelas 8 Semester 2

Pembelajaran 1

Pembelajaran 2

Pembelajaran 3

Pembelajaran 4

Demikian pembahasan tentang RPP Seni Budaya kelas 8. Sebelum membuat RPP jenis ini perhatikan dahulu apakah pembelajaran dilakukan secara online atau tatap muka secara langsung. Selain itu, perhatikan durasi agar setiap pertemuan semua indikatornya bisa tercapai.

 

Lihat Juga :

  • Share