Download RPP SD Kelas 4

  • Share

Sistem pendidikan di Indonesia saat ini menggunakan Kurikulum 2013 atau lebih akrab disebut dengan K13. Silabus dan RPP SD Kelas 4 Revisi 2020 pun memakai K13. Pemerintah memang memang menerapkan kurikulum satu ini di sekolah menggantikan Kurikulum 2006.

Perlu diketahui bahwa kurikulum sebelumnya, telah berlaku kurang lebih selama 6 tahun. Materi pembelajaran dalam Kurikulum 2013 ternyata terdapat materi yang ditambahkan serta lebih dipadatkan. Materi pembelajaran tersebut pun telah disesuaikan materi berstandar internasional.

Daftar 9 Poin Terpenting Dalam Perubahan K13 Revisi 2020

Daftar-9-Poin-Terpenting-Dalam-Perubahan-K13-Revisi-2020

Kemendikbud mulai menerapkan Kurikulum 2013 secara bertahap pada tahun 2013 lalu. Kemendikbud bahkan terus melakukan revisi K13 tersebut dalam rangka penyempurnaannya hingga tahun 2020. Sehingga perubahan di dalamnya memiliki beberapa poin penting yang perlu Anda cermati.

Berikut 9 poin penting hasil dari revisi Kurikulum 2013 tahun 2020 di antaranya:

  1. Nama pada kurikulum tidak berubah menjadi Kurikulum Nasional, namun masih tetap menggunakan nama Kurikulum 2013 edisi revisi. Kurikulum ini diterapkan dan berlaku secara nasional.
  2. Penilaian sikap kompetensi Inti ke-1 dan ke-2 sudah ditiadakan lagi pada setiap mata pelajaran, dan hanya ada di PKn & Agama namun KI masih tetap dicantumkan pada penulisan RPP.
  3. Apabila terdapat 2 nilai praktik di dalam 1 Kompetensi Dasar, maka yang akan diambil oleh guru adalah nilai paling tinggi. Penghitungan nilai keterampilan dalam 1 Kompetensi Dasar dijumlah (produk, portofolio, dan praktik), kemudian diambill nilai rata-rata.

*Perlu diketahui bahwa bobot penilaian harian maupun penilaian akhir semester adalah sama saja untuk pengetahuan.

  1. Pendekatan Scientific dengan 5M bukan menjadi satu-satunya metode saat mengajar siswa. Bahkan apabila dipakai, maka tidak harus berurutan dalam penyusunanya.
  2. Silabus Kurikulum 2013 edisi revisi menjadi lebih ramping, karena hanya terdiri atas 3 kolom saja. kolom tersebut yaitu Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, serta kegiatan pembelajaran.
  3. Terminologi pada ulangan harian berubah menjadi penilaian harian, sedangkan UAS menjadi penilaian akhir untuk semester 1 maupun semester ke-2. Selain itu sudah tidak ada lagi UTS, karena langsung menuju ke penilaian akhir semester.
  4. Tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang dipakai di dalam RPP. Materi pilihan pun dibuat berbentuk lampiran beserta rubrik penilaian apabila ada.
  5. Skala penilaian untuk siswa menjadi 1 hingga 100. Penilaian sikap akan diberikan ke dalam bentuk deskripsi dan predikat.
  6. Remedial akan diberikan untuk siswa yang kurang, tapi sebelum melaksanakannya siswa tersebut diberikan pelajaran ulang. Nilai remedial adalah nilai yang tercantum pada hasil perolehan.

Tentang Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 yang berlaku pada saat ini tidak hanya menekankan pada penguasaan kompetensi siswa, melainkan juga menekankan pembentukan karakter siswa. Kurikulum 2013 ini juga mempunyai 4 KI (Kompetensi Inti), adapun rumusan kompetensi tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. KI-1 (Kompetensi Inti-1) merupakan kompetensi inti untuk sikap spiritual
  2. KI-2 (Kompetensi Inti-2) merupakan kompetensi inti untuk sikap sosial
  3. KI-3 (Kompetensi Inti-3) merupakan kompetensi inti untuk sikap ilmu pengetahuan
  4. KI-4 (Kompetensi Inti-4) merupakan kompetensi inti untuk keterampilan

Rangkuman Materi Kelas 4: Tema 1 dengan Subtema 2 Indahnya Kebersamaan

Rangkuman-Materi-Kelas-4-Tema-1-dengan-Subtema-2-Indahnya-Kebersamaan

Subtema 2 yang ada dalam tema 1 pada materi tematik kelas 4 ini memiliki judul Kebersamaan Dalam Keberagaman. Rangkuman materi ini pun dibuat bertujuan untuk mempermudah pesetra didik, guru, serta orang tua dalam mendampingi putra maupun putrinya belajar di rumah.

Berikut rangkuman materinya bisa Anda simak di bawah ini.

  1. Contoh bekerjasama dalam keberagaman adalah pembuatan bunyi, sehinga Anda harus menyiapkan peralatan terlebih dahulu. Adapun peralatan yang harus disiapkan adalah kaleng yang sudah dilubangi dan benang kasur.
  2. Anda harus bisa menghargai satu sama lain saat sedang melakukan kerjasama.
  3. Setiap orang perlu menunjukkan rasa tanggung jawabnya di dalam bekerja pada percobaan membuat bunyi.
  4. Semua orang harus ikut bagian di dalam percobaan, karena ketika bekerja sama harus saling membantu dan semua ikut serta selama bekerja sama. Tidak boleh ada orang yang hanya memerintah saja, tanpa melakukan suatu tindakan.
  5. Tolong menolong adalah hal yang diperlukan di dalam bekerja sama, misalnya membantu teman ketika ada yang merasa kesulitan selama kegiatan proses pembuatan bunyi.
  6. Percobaan dimulai dari pemotongan benang dan ditalikan ke kaleng yang sudah disiapkan sebelumnya.
  7. Melakukan kerjasama dengan penuh semangat akan membuahkan hasil maksimal yang bagus.
  8. Di dalam hidup rukun, Anda harus saling membantu orang lain walaupun berbeda agama agar hidup rukun.
  9. Anda juga harus belajar bersama mengenai sumber bunyi setelah melaksanakan percobaan mengenai perambatan bunyi. Telinga adalah alat indera yang dapat mengetahui sumber bunyi.
  10. Tujuan pembelajaran adalah bisa mengidentifikasi sumber serta asal tempat berbunyi.
  1. Alat musik tradisional setempat misalnya seperti Angklung.
  2. Langkah kerja yang harus dilakukan:
  • Duduk di kursi dengan mata yang ditutup menggunakan kain. Kemudian minta teman untuk memainkan alat musik misalnya Angklung di sekitar Anda.
  • Tunjuk tempat yang Anda anggap sebagai asal bunyi.
  • Indra pendengar berupa telinga merupakan hal yang wajib Anda syukuri kepada Tuhan yang Maha Esa karena telah menciptakan bagian dalam tubuh yang sempurna. Rasa syukur tersebut adalah bentuk dari pemberian indra pendengar berupa telinga. Anda bisa mendengar berbagai suara, seperti air mengalir dengan menggunakan indra pendengar.
  • Kerja sama adalah usaha yang dilaksanakan oleh beberapa orang dengan maksud untuk mencapai tujuan bersama-sama.
  1. Anda harus mengembangkan sikap kerja sama yang ada di dalam keberagaman.
  2. Keberagaman budaya di Indonesia bisa terlihat pada rumah adat. Rumah adat akan mencerminkan ciri khas dari sebuah tempat, misalnya ujung atap rumah ada yang bersudut lancip maupun tumpul, dsb.
  3. Berikut adalah beberapa contoh kerja sama yang biasa dilaksanakan di dalam masyarakat, misalnya gotong royong membuat Pos Kamling.
  4. Jenis-Jenis Sudut
  5. Sudut Siku-Siku: Sudut akan disebut dengan sudut siku-siku apabila kaki-kaki pada sudut tersebut bentuknya tegak lurus, berukuran 90º.
  6. Sudut Lancip: Sudut lancip merupakan penyebutan pada sudut dengan besaran sudut yang dimilikinya lebih kecil jika dibandingkan sudut siku-siku, yaitu di antara 0 & 90º atau bisa dikatakan 0 < sudut lancip <90º.
  7. Sudut Tumpul: Suatu sudut akan disebut sudut tumpul apabila ukuran sudut yang dimiliki lebih besar daripada sudut siku-siku, yaitu di antara 90º dan 180º atau 90º < sudut tumpul < 180º.
  8. Busur adalah suatu alat yang dipakai untuk mengukur sudut secara baku, dengan satuan sudut berupa derajat.
  9. Bakiak adalah salah satu permainan tradisional sangat menarik,misalnya masyarakat Sumatera Barat menyebut permainan ini dengan Terompa Bakiak.
  10. Jam Gadang merupakan menara berupa jam yang ada di kota Bukittinggi.

Download Silabus dan RPP SD Kelas 4 Revisi 2020 Paling Update

Download-Silabus-dan-RPP-SD-Kelas-4-Revisi-2020-Paling-Update

Download RPP SD Kelas 4 Revisi 2020/2021 (Kurikulum 2013) Semester 1

Download RPP Kelas 4 Tema 1

Download RPP Kelas 4 Tema 2

Download RPP Kelas 4 Tema 3

Download RPP Kelas 4 Tema 4

Download RPP Kelas 4 Tema 5

Download RPP SD Kelas 4 Revisi 2020/2021 (Kurikulum 2013) Semester 2

Download RPP Kelas 4 Tema 6

Download RPP Kelas 4 Tema 7

Download RPP Kelas 4 Tema 7

Download RPP Kelas 4 Tema 8

Anda sudah tidak perlu bingung atau pusing lagi ketika hendak membuat silabus dan RPP Kelas 4 Revisi 2020. Anda sudah mendapat solusi dari masalah tersebut dengan melihat contoh RPP & silabus mulai dari tema 1 sampai tema 9 dengan mendownload contoh-contohnya.

 

Lihat Juga :

  • Share