Download RPP Prakarya Kelas 9

  • Share

RPP Prakarya kelas 9 adalah salah satu sarana untuk mensukseskan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) mata pelajaran Prakarya di kelas 9 atau kelas akhir SMP. Bagi para pengajar, cara penyusunan RPP ini wajib untuk dipahami sedetail mungkin.

RPP sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar antara siswa dan guru. Dengan mengacu pada RPP, proses pembelajaran bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Jika tidak ada RPP, KBM mungkin tidak akan berjalan dengan lancar karena tidak ada acuan dalam prosesnya.

Pertimbangan Saat Menyusun RPP Prakarya Kelas 9

Yang-Harus-Dipertimbangkan-Saat-Hendak-Menyusun-RPP-Prakarya-Kelas-9

Penyusunan RPP sebenarnya sangat mudah, guru hanya perlu mengembangkan dari silabus Prakarya. Hanya saja guru juga harus mematuhi beberapa standar perancangan RPP yang sudah diatur oleh Permendikbud dan PTP RPP.

Di dalam RPP ini sendiri terdapat beberapa komponen dan sistematika yang wajib guru penuhi. Selanjutnya komponen dan sistematika tersebut hanya tinggal diintegrasikan dengan mata pelajaran Prakarya yang hendak diajarkan kepada siswa.

Ada beberapa poin yang wajib dipenuhi saat hendak menyusun RPP. Poin-poin tersebut adalah seperti di bawah ini :

  • Jangka waktu pembuatan
  • Pahami apa saja komponen RPP
  • Silabus Prakarya nasional
  • Materi pembelajaran yang hendak diberikan
  • Standar Kompetensi Siswa pada mata pelajaran prakarya
  • Kurikulum yang digunakan (K13)

Karena saat ini dunia pendidikan menggunakan kurikulum 2013, maka secara otomatis pembuatan RPP mengacu pada standar kurikulum 2013 itu sendiri. Jangan sampai Anda mengacu pada kurikulum yang salah karena hasilnya juga tidak akan sama.

Komponen RPP Prakarya Untuk kelas 9

Komponen-RPP-Prakarya-Untuk-kelas-9

Bicara perancangan RPP tidak akan lengkap tanpa membahas komponen apa saja yang ada di dalamnya. Hal ini sudah diatur dalam Permendiknas No 41 Tahun 2007. Ini dia komponen-komponen RPP tersebut.

1.Identitas mata pelajaran

Komponen pertama yang wajib ada di dalam sebuah RPP adalah identitas dari mata pelajaran yang hendak disusun RPP-nya. Ada beberapa poin utama yang dimasukkan ke dalam komponen satu ini. Diantaranya adalah :.

  • Satuan pendidikan yang digunakan (Kurikulum 2013)
  • Kelas yang hendak menerima materi (kelas 9)
  • Semester (semester 1 atau 2)
  • Jurusan atau Program studi (IPA, IPS, Bahasa, dll)
  • Mata pelajaran ( Prakarya )
  • Jumlah pertemuan.

2. Standar kompetensi

Selain identitas mata pelajaran, hal lain yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah Standar Kompetensi. Standar Kompetensi ini adalah tolak ukur minimal dari kemampuan seorang siswa pada sebuah materi pembelajaran.

3. Kompetensi dasar

Komponen RPP selanjutnya adalah kompetensi dasar. Kompetensi dasar ini merupakan beberapa jenis kemampuan yang harus dikuasai oleh para peserta didik pada mata pelajaran Prakarya dan mata pelajaran lainnya. Bisa dibilang ini merupakan hal wajib bagi setiap siswa.

4. Indikator pencapaian kompetensi

Untuk mengukur pencapaian siswa dalam mencapai standar kompetensi, tentu saja dibutuhkan sebuah indikator. Selain menjadi alat ukur, indikator ini juga berfungsi sebagai alat observasi untuk melihat kecakapan siswa kelas 9 pada materi pembelajaran prakarya.

5. Tujuan pembelajaran

Komponen lain yang wajib dipertimbangkan sejak awal adalah tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran ini bisa kita anggap sebagai titik akhir dari proses KBM yang dilakukan di kelas. Semua yang diterapkan pada RPP bertujuan untuk mewujudkan keberhasilan pada sistem pembelajaran yang dilakukan.

6. Materi ajar

Poin lain yang tidak kalah penting adalah materi ajar. Di dalam materi ajar ini termaktub dengan jelas mengenai konsep, fakta, prosedur dan prinsip pendidikan. Realisasinya berupa butir-butir pembelajaran yang mengacu pada indikator kompetensi awal.

7. Alokasi waktu

Komponen lain yang juga harus dipertimbangkan dengan baik adalah alokasi waktu. Tentu saja penghitungannya diintegrasikan dengan porsi jam pelajaran yang dimiliki serta pembagian materi yang sesuai dengan Kompetensi Dasar.

8. Metode pembelajaran

Metode pembelajaran adalah komponen lain yang wajib dipertimbangkan sejak awal. Komponen satu ini digunakan oleh para guru untuk memaksimalkan proses pembelajaran bersama peserta didik. Dengan penerapannya diharapkan para peserta didik bisa mencapai kompetensi dasar.

9. Kegiatan pembelajaran

Hal lain yang juga wajib dipertimbangkan adalah kegiatan pembelajaran yang hendak dilakukan. Tentu saja perancangannya harus dilakukan secara sistematis. Dalam hal ini kegiatan pembelajaran biasa dibagi menjadi 3 poin utama yakni.

  • Pendahuluan
  • Inti
  • Penutup

Dengan mengacu pada ketiga poin di atas, proses pengajaran bisa dilakukan secara bertahap dan peserta didik tidak akan kaget dengan materi yang disampaikan oleh para pengajar.

9. Penilaian hasil belajar

Komponen RPP lainnya adalah penilaian hasil belajar. Dalam proses penilaian, sudah tentu guru akan mengacu pada indikator pencapaian kompetensi dan standar penilaian yang sudah disepakati sebelumnya.

10. Sumber Belajar

Hal terakhir yang menjadi komponen RPP ini adalah sumber belajar. Pertimbangkan dengan baik apa saja yang akan menjadi sumber pembuatan RPP prakarya kelas 9 yang hendak Anda berikan kepada para peserta didik.

Perlu dipahami, dalam menentukan sumber belajar ini para guru harus tetap mengacu pada kompetensi dasar dan standar kompetensi yang suda ditentukan oleh pemerintah. Kemudian guru juga menjadikan materi, kegiatan, dan indikator pencapaian kompetensi sebagai acuan lainnya.

Langkah Penyusunan RPP Prakarya Kelas 9

Langkah-Penyusunan-RPP-Prakarya-Untuk-Kelas-9

Jika mengacu pada Permendikbud RI Nomor 81A Tahun 2013 tentang pedoman umum pembelajaran, langkah penyusunan RPP ini meliputi :

  1. mengkaji silabus
  2. mengidentifikasi materi pembelajaran
  3. menentukan tujuan
  4. mengembangkan kegiatan pembelajaran
  5. penjabaran jenis penilaian
  6. menentukan alokasi waktu
  7. menentukan sumber belajar

Panduan dari Permendikbud di atas tentu sangat membantu para guru untuk membuat RPP dengan lebih mudah. Namun untuk lebih melancarkan proses pembuatannya Anda bisa mengacu pada panduan di bawah ini.

  • Langkah 1 : Mencantumkan Identitas sekolah, mata pelajaran, kelas dan semester, Indikator, Standar Kompetensi, Indikator.
  • Langkah 2 : Merumuskan tujuan pembelajaran prakarya
  • Langkah 3 : Menentukan materi pembelajaran prakarya yang sesuai silabus dengan mengacu pada K13.
  • Langkah 4 : Menentukan metode pembelajaran prakarya yang efektif efisien
  • Langkah 5 : Menetapkan kegiatan pembelajaran prakarya yang tepat
  • Langkah 6 : Memilih sumber belajar yang sesuai dengan ketentuan
  • Langkah 7 : Menentukan media pembelajaran yang sesuai
  • Langkah 8 : Menentukan cara dan indikator penilaian kompetensi terhadap siswa

Dengan mengikuti tuntunan perancangan RPP tersebut, tentu Anda akan jauh lebih mudah untuk merancang RPP yang sesuai dengan aturan pemerintah dan berdampak baik terhadap kegiatan belajar mengajar.

Download RPP Prakarya Kelas 9

Download-RPP-Prakarya-Kelas-9

Jika Anda belum memahami cara pembuatan RPP sepenuhnya, Anda bisa juga mengunduh file RPP Prakarya yang sudah jadi sebagai bahan rekomendasi atau pengembangan. Disini kami sudah membuat beberapa rekomendasi RPP Prakarya terbaik untuk kelas 9 yang bisa Anda unduh secara gratis.

Download RPP Prakarya Kelas 9 Semester 1 dan 2

Setelah mengunduh Anda hanya perlu menyesuaikan identitas dan poin-poin penting lain yang memang perlu diubah. Anda juga bisa menambahkan penjelasan materi yang lebih detail pada setiap RPP yang kami sediakan tersebut.

Pastikan untuk selalu teliti dan detail saat melakukan perancangan RPP Prakarya Kelas 9 ini. Bila perlu, konsultasikan hal ini dengan KKG agar Anda bisa menciptakan silabus RPP yang berdampak, elaboratif dan edukatif.

 

Lihat Juga :

  • Share