Download RPP Prakarya Kelas 8 K-13

  • Share

Bagi seorang guru penyusunan RPP Prakarya kelas 8 adalah hal yang wajib dilakukan. Dengan menggunakan RPP ini para pengajar bisa melakukan pengarahan tertarget kepada para peserta didik agar bisa mencapai Standar Kompetensi yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

RPP ini sendiri merupakan singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Penggunaan RPP ini diterapkan pada semua jenjang pendidikan dari mulai SD, SMP hingga SMA / SMK Sederajat. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya RPP dalam roda pendidikan negeri ini.

Apa Itu RPP Prakarya?

Apa-Itu-RPP-Prakarya

Perancangan RPP dilakukan pada semua mata pelajaran yang ada dalam kurikulum. Salah satunya adalah pelajaran prakarya. Sudah tentu perancangan RPP pada mapel satu ini bertujuan untuk memaksimalkan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) antara guru dan murid.

Di dalam mata pelajaran prakarya, pasti guru memiliki target khusus yang harus dicapai oleh murid. Target ini kemudian dikenal dengan nama Standar Kompetensi. Demi mencapai target ini, guru tida bisa melakukan pengajaran begitu saja.

Mereka harus menciptakan sebuah rancangan belajar yang akan memudahkannya dalam menyampaikan materi pembelajaran secara bertahap. Kemudian pada setiap akhir materi pembelajaran akan dilakukan evaluasi kepada para murid yang ikut di dalam kelas.

Evaluasi ini bertujuan untuk melihat sampai mana pemahaman para peserta didik terkait materi pelajaran prakarya yang disampaikan oleh guru. Proses tersebut termaktub di dalam RPP Prakarya Kelas 8 yang sudah dibuat sebelumnya.

Pengembangan RPP Diatur Oleh Permendikbud dan PTP RPP

Pengembangan-RPP-Diatur-Oleh-Permendikbud-dan-PTP-RPP

Pengembangan dan pembuatan RPP diatur sedemikian rupa oleh Permendikbud dan PTP RPP. Jadi para tenaga pengajar tidak boleh membuatnya secara sembarangan. Tetap ada acuan atau standar khusus yang harus diikuti dalam proses pembuatannya.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, pembuatan RPP harus mengacu pada silabus. Di dalamnya harus dijelaskan secara detail mengenai rencana kegiatan tatap muka pada setiap materi pembelajaran Prakarya ini.

Tidak hanya Permendikbud saja, PTP RPP atau Panduan Teknis Penyusunan RPP juga memberikan gambaran yang jelas mengenai metode perancangan RPP yang baik untuk mata pelajaran apapun di sekolah. Salah satunya tentu mapel prakarya yang sedang kita bahas.

Jika merujuk pada PTP, RPP ini adalah perencanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang akan dilakukan oleh pengajar dan peserta didik dalam satu sesi atau lebih. Di dalamnya dijelaskan juga mengenai jam belajar yang dibutuhkan untuk menyampaikan semua rancangan RPP tersebut.

Dengan penggunaan RPP ini diharapkan para peserta didik bisa lebih mudah untuk memenuhi ekspektasi dari pengajar dan Standar Kompetensi yang sudah disepakati oleh Kementerian Pendidikan dalam substansi mata pelajaran Prakarya.

Kapan RPP Mulai Dibuat?

Kapan-RPP-Mulai-Dibuat

Berdasarkan aturan yang sudah disepakati oleh semua pihak, Perancangan RPP ini dilakukan sebelum semester dimulai. Jadi pada akhir semester sebelumnya guru melakukan evaluasi terkait pencapaian siswa dan mulai mencicil rancangan RPP untuk semester berikutnya.

Sebenarnya proses perancangan RPP ini sendiri tidak terlalu sulit. Sebagai pengajar, Anda hanya perlu menjadikan silabus sebagai acuan utama. Kemudian Anda hanya tinggal mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah terkait pembuatan RPP tersebut.

Dengan merujuk pada dua poin di atas, pembuatan RPP biasanya bisa diselesaikan hanya dalam waktu beberapa minggu saja. Sebagai tenaga pengajar, Anda juga bisa mengembangkan RPP Prakarya kelas 8 yang sudah pernah Anda buat sebelumnya. Tentu saja dengan beberapa materi yang dirubah.

Siapa yang Berkewajiban Membuat RPP?

Siapa-yang-Berkewajiban-Membuat-RPP

Proses pengembangan dan perancangan RPP adalah mutlak kewajiban seorang guru. Pasalnya guru adalah sosok yang paling memahami materi tersebut. Adapun pengerjaannya bisa dilakukan sesuai kebiasaan guru masing-masing.

Ada guru yang melakukan pengerjaan RPP secara individu di rumah masing-masing, namun ada juga yang melakukannya secara berkelompok. Kelompok seperti ini dikenal dengan nama  KKG atau kelompok Kerja Guru.

Karena yang akan kita buat adalah RPP Prakarya untuk kelas 8, sudah tentu KKG yang Anda ikuti juga harus KKG yang berhubungan dengan mata pelajaran prakarya itu sendiri. Selain mendapatkan pengalaman yang bagus di dalamnya, ada banyak informasi penting juga yang bisa Anda gali bersama guru yang lain.

RPP yang sudah dibuat ini kemudian dikumpulkan pada bagian kurikulum di masing-masing sekolah dan diberikan ke pihak Dinas Pendidikan di wilayah masing-masing. Pada dasarnya, pembuatan RPP ini harus benar-benar mengacu pada aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Prinsip Pengembangan RPP Prakarya Kelas 8

Prinsip-Pengembangan-RPP-Prakarya-Kelas-8

Di dalam proses perancangan RPP ini ada beberapa prinsip yang wajib diikuti oleh para guru. Tujuannya agar hasil RPP yang dibuat bisa seragam dan tidak keluar dari tujuan awal pembuatan RPP itu sendiri. Berikut ini beberapa prinsip perancangan RPP yang tidak boleh dikesampingkan.

  • RPP harus mengacu pada silabus tingkat nasional
  • RPP harus menjadi sarana terjemahan dari ide pembelajaran yang sudah diaplikasikan pada kurikulum
  • Perancangan RPP harus disesuaikan dengan landasan silabus dengan melihat kapasitas siswa di kelas 8 pada periode yang sama
  • Perancangan RPP harus bisa menstimulasi siswa kelas 8 agar bisa aktif dalam Kegiatan Belajar mengajar mapel Prakarya.
  • Penerapan RPP di kelas harus bisa mendorong siswa kelas 8 untuk mandiri dan menjaga semangat belajarnya.
  • Penerapan RPP di kelas harus bisa mendorong siswa kelas 8 untuk meningkatkan kebiasaan membaca dan menulis.
  • RPP yang dibuat harus bermuatan program positif yang bisa memberikan pengayaan, penguatan, umpan balik, dan remedi pada seluruh peserta didik yang ada.
  • Perancangan RPP harus bisa terintegrasi dengan materi pembelajaran, Kompetensi Dasar, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), sumber pembelajaran dan aspek penilaian.
  • Penerapan RPP harus bisa menjadikan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai sarana pembelajaran utama.
  • Perancangan RPP harus sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013 atau K13 yang sedang digunakan saat ini.

Prinsip-prinsip di atas wajib Anda patuhi sepenuhnya karena itu merupakan landasan dari pembuatan RPP itu sendiri. Tidak boleh ada kesalahan dalam prosesnya karena bisa berakibat RPP ditolak atau tidak berdampak kepada para peserta didik.

Komponen dan Sistematika Pengembangan RPP

Komponen-dan-Sistematika-Pengembangan-RPP

Permendikbud No 81A tahun 2013 secara jelas memuat komponen utama yang harus Anda terapkan ke dalam proses perancangan RPP. Hal ini juga membahas Implementasi Kurikulum Pedoman Pembelajaran dengan detail di dalamnya. Dijelaskan dalam peraturan tersebut bahwa komponen RPP adalah :

  • Tujuan pembelajaran prakarya
  • Materi pembelajaran prakarya
  • Metode pembelajaran prakarya
  • Sumber pembelajaran prakarya
  • Penilaian prakarya

Beberapa komponen utama di atas harus diikuti dengan benar agar tidak terjadi kesalahan dalam pembuatan RPP yang dibuat. Anda hanya perlu mengembangkan masing-masing poin yang ada sesuai dengan mata pelajaran Prakarya kelas 8 yang Anda pegang.

Download Silabus RPP Prakarya Kelas 7

Download-Silabus-RPP-Prakarya-Kelas-7

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengembangkan RPP ini sendiri, Anda bisa mengunduhnya secara gratis disini. Tentu saja rancangan RPP yang kami sediakan ini akan mempersingkat waktu Anda dalam proses perancangan RPP prakarya itu sendiri.

Download RPP Prakarya Kelas 8 SMP K-13 Revisi

Jangan lupa untuk memeriksa hasil download anda. Ubahlah poin-poin yang sekiranya perlu untuk diubah. Pastikan juga untuk tetap mengacu pada prinsip dan komponen utama perancangan RPP agar hasilnya jauh lebih sempurna.

 

Lihat Juga :

  • Share