RPP Prakarya Kelas 7

  • Share

RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan pegangan mutlak bagi seorang guru yang mengajar di kelas. Penggunaan RPP ini berlaku bagi semua tingkat kelas pada strata pendidikan wajib. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan Anda contoh RPP Prakarya Kelas 7.

Tujuan pembuatan RPP ini sendiri sebagai tolak ukur tahap pengajaran kepada para murid. Pembuatan RPP harus mengacu pada SKKD atau Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang sudah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan.

Pengertian RPP Menurut Permendikbud dan PTP RPP

Pengertian-RPP-Menurut-Permendikbud-dan-PTP-RPP

Berdasarkan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, RPP adalah sebuah perencanaan kegiatan pembelajaran tatap muka dalam satu kali pertemuan atau lebih. Pembuatan RPP ini sendiri merupakan hasil pengembangan dari silabus.

Tujuannya adalah untuk memastikan kalau kegiatan pembelajaran yang dijalani oleh para peserta didik terarah dengan baik sesuai kompetensi dasar yang sudah disepakati. Karena itu, pembuatan RPP ini harus merujuk pada aturan yang sudah diberlakukan oleh pemerintah.

Selain Permendikbud, landasan lain dari pembuatan RPP adalah PTP RPP atau Panduan Teknis Penyusunan RPP. Berdasarkan panduan ini, RPP bisa diartikan sebagai rencana KBM dalam satu sesi pertemuan atau lebih.

Pengembangan RPP ini wajib merujuk pada rincian materi pokok pada pembelajaran dengan tetap mengacu pada silabus. Tujuannya tetap sama, yakni mendekatkan para peserta didik kepada target Kompetensi Dasar atau KD.

Apa Itu RPP Prakarya Kelas 7?

Apa-Itu-RPP-Prakarya-Kelas-7

Dengan merujuk pada pengertian RPP yang sudah kami jelaskan di atas, bisa ditarik kesimpulan kalau RPP Prakarya untuk Kelas 7 ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk kelas 7 SMP pada mata pelajaran Prakarya.

Di dalam RPP Prakarya ini akan dijelaskan apa saja yang harus dipenuhi dan dilaksanakan oleh para siswa pada setiap Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang dilakukan di kelas. Tentu saja hal ini mencakup pencapaian secara teori maupun secara praktek.

Para pengajar memiliki kewajiban untuk membimbing semua peserta didik agar bisa mencapai standar kompetensi tersebut. Tentu saja ada langkah-langkah pembelajaran yang harus diterapkan untuk mencapainya.

Salah satunya adalah melakukan pengembangan RPP ini sendiri sejak awal. Jadi, pada saat kegiatan belajar mengajar sudah dimulai, RPP ini sudah siap untuk digunakan. Biasanya Pengembangan RPP ini sendiri dilakukan pada setiap awal semester.

Proses perancangan RPP Prakarya ini biasanya dilakukan secara individu ataupun secara berkelompok melalui KKG (Kelompok Kerja Guru) Prakarya pada setiap gugus sekolah. Tentu saja proses perancangannya berada dalam pengawasan Dinas Pendidikan di wilayah masing-masing.

Prinsip Pengembangan RPP Prakarya Kelas 7

Prinsip-Pengembangan-RPP-Prakarya-Kelas-7

Dalam pengambangan RPP mata pelajaran apapun, terdapat prinsip-prinsip yang harus dipenuhi oleh guru Mapel. Hal ini juga berlaku dalam proses pembuatan RPP Prakarya untuk kelas 7 yang sedang kita bahas. Berikut ini paparan prinsip-prinsip tersebut:

  1. RPP adalah terjemahan dari ide kurikulum dengan berdasar pada silabus yang sudah dikembangkan di tingkat nasional untuk direalisasikan dalam kegiatan belajar mengajar.
  2. Pengembangan RPP Prakarya disesuaikan dengan landasan yang ada di dalam silabus dan kondisi dari masing-masing peserta didik kelas 7 pada periode tersebut.
  3. Perancangan RPP harus bisa mendorong peserta didik kelas 7 untuk aktif berpartisipasi dalam KBM mata pelajaran Prakarya.
  4. Perancangan RPP Prakarya harus sesuai dengan tujuan dari pelaksanaan kurikulum 2013 yakni menghasilkan peserta didik kelas 7 yang semangat belajar dan bisa mendiri.
  5. Keberadaan RPP Prakarya harus bisa meningkatkan budaya membaca dan menulis pada peserta didik kelas 7.
  6. Perancangan RPP bertujuan untuk mengembangkan minat baca dari para peserta didik yang terlibat dalam KBM.
  7. Materi RPP memiliki muatan program yang bisa memberikan umpan balik, pengayaan, penguatan, dan remedi dari para peserta didik.
  8. Penyusunan RPP harus memperhatikan korelasi antara KD dan KI, materi pembelajaran, KBM, aspek penilaian, dan sumber pembelajaran.
  9. Penyusunan RPP juga harus mempertimbangkan metode penerapan IT dan komunikasi dengan terintegrasi yang baik. Hal ini juga harus diterapkan secara efektif dan sistematis sesuai dengan kondisi dan situasi yang ada.

Setelah memahami beberapa prinsip perancangan RPP yang sudah kami jelaskan di atas, sekarang Anda bisa beranjak ke komponen dan sistematika perancangan RPP itu sendiri. Khususnya untuk perancangan RPP Prakarya kelas 7.

Komponen, Sistematika dan Format Pengembangan RPP

Komponen-Sistematika-dan-Format-Pengembangan-RPP

Komponen dan sistematika perancangan RPP sudah diatur dalam Permendikbud No 81A Tahun 2013 Lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Pembelajaran. Di dalamnya dengan detail dijelaskan bahwa perancangan RPP harus memenuhi hal-hal di bawah ini:

1. Komponen dan Sistematika Pengembangan RPP

Komponen dan sistematika perancangan RPP Prakarya untuk kelas 7 wajib mengacu pada panduan di bawah ini:

  • Tujuan pembelajaran prakarya
  • Materi pembelajaran prakarya
  • Metode pembelajaran prakarya
  • Sumber pembelajaran prakarya
  • Penilaian prakarya

Setiap pengajar wajib untuk memenuhi komponen dan sistematika penulisan yang sudah kami contohkan di atas. Tujuannya agar RPP yang dibuat seragam dengan RPP yang dikembangkan oleh pengajar lain.

2. Format Pengembangan RPP

Dari beberapa komponen yang sudah kami jelaskan di atas, maka munculah contoh format RPP Prakarya untuk kelas 7 seperti di bawah ini:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKARYA KELAS 7 SEMESTER 1

Satuan Pendidikan : …………………………..

Kelas/ Semester: …………………………….

Tema/ Subtema: ………………………………

Alokasi Waktu: ………………………………

  1. Kompetensi Inti (KI)
  2. Kompetensi Dasar dan Indikator
  3. ………………….. (KD pada KI-1)
  4. ………………….. (KD pada KI-2)
  5. ………………….. (KD pada KI-3)

Indikator: …………………..

  • ………………….. (KD pada KI-4)

Indikator: …………………..

  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Materi Pembelajaran
  3. Metode Pembelajaran
  4. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
  5. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  6. Pendahuluan (… menit)
  7. Kegiatan Inti (… menit)
  8. Penutup (… menit)
  9. Penilaian
  10. Jenis/ Teknis Penilaian
  11. Bentuk Instrumen dan Instrumen Penilaian
  12. Pedoman Penskoran

Dengan mengacu pada format RPP Prakarya yang sudah kami berikan di atas, Anda bisa langsung melakukan pengembangan RPP itu sendiri.

Langkah Pengembangan RPP Prakarya

Langkah-Pengembangan-RPP-Prakarya

Umumnya proses pengembangan RPP didasarkan pada akomodasi pembelajaran tematik. Hal ini biasa dikenal dengan istilah RPP Tematik. Intinya RPP tematik ini adalah rencana pembelajaran tematik terpadu yang sudah dikembangan dengan sangat detail.

Untuk melakukan proses pengembangan RPP tematik ini, langkah-langkahnya sama sekali tidak sulit. Anda hanya perlu mengacu pada poin-poin di bawah ini secara sistematis:

  • Lakukan kajian silabus tematik secara mendalam
  • Identifikasi materi pembelajaran dengan benar
  • Tentukan tujuan pembelajaran sesuai Standar Kompetensi
  • Kembangan kegiatan pembelajaran untuk peserta didik
  • Jabarkan jenis penilaian yang akan Anda gunakan
  • Tentukan alokasi waktu yang sesuai dengan kebutuhan
  • Tentukan sumber pembelajaran yang tepat bagi para peserta didik mapel prakarya

Melalui pada langkah-langkah pembuatan RPP Prakarya di atas, tentunya RPP yang Anda buat akan sesuai dengan ekspektasi dari pengawas. RPP tersebut juga akan memenuhi Standar Kompetensi Siswa yang sudah disepakati.

Download Silabus RPP Prakarya Kelas 7

Download-Silabus-RPP-Prakarya-Kelas-7

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perancangan RPP sedemikian detail, tak perlu khawatir. Di sini kami menyediakan file RPP Prakarya untuk Kelas 7 yang bisa Anda unduh secara gratis. Cukup klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan dokumen yang Anda butuhkan.

RPP Prakarya Kelas 7 Semester 1

RPP 1

RPP 2

RPP Prakarya Kelas 7 Semester 2

RPP 1

RPP 2

RPP 3

Pada dasarnya perancangan RPP ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Hanya saja Anda harus sabar mengikuti proses pembuatannya dari awal hingga akhir. Pembuatan RPP Ini sendiri tidak boleh dilakukan sembarangan karena akan sangat berpengaruh terhadap KBM bersama siswa.

 

  • Share