Download RPP PKn SMK KTSP 2006 Kelas 11-12

  • Share

Pendidikan Kewarganegaraan atau PKn merupakan salah satu pelajaran yang wajib dipelajari oleh siswa di sekolah. Pelajaran ini pun sudah ada sejak sekolah dasar hingga SMA / SMK. Sehingga sudah menjadi keharusan bagi guru untuk memiliki RPP PKn SMK KTSP.

Pengertian Pendidikan Menurut Ahli

Pengertian-PKN

1. Menurut Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Bab 1 Pasal ke-1

Pendidikan merupakan usaha terencana dan sadar untuk dapat mewujudkan suasana dan proses pembelajaran, supaya peserta didik mengembangkan potensi dirinya secara aktif untuk mempunyai kekuatan pengendalian diri, spiritual keagamaan, kecerdasan, dan keterampilan lain yang diperlukan.

2. Godfrey Thomson (1977)

Godfrey Thomson mengemukakan pendapatnya bahwa pendidikan yaitu pengaruh dari lingkungan atas individu dalam menghasilkan perubahan tetap dalam kebiasaan pikiran, tingkah laku, serta perasaannya.

3. Godfrey Carverter v. Good (1997)

Godfrey Thomson berpendapat bahwa pendidikan merupakan suatu proses perkembangan mengenai kecakapan seseorang berbentuk sikap dan perilaku yang sedang berlaku pada masyarakat tersebut.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa pendidikan kewarganegaraan mengandung tujuan yang hendak dicapai. Tujuan tersebut adalah membentuk kemampuan individu mengembangkan dirinya. Sehingga bermanfaat dalam kehidupan berbangsa & bernegara.

Hakikat Tentang PKn (Pendidikan Kewarganegaraan)

Hakikat-Tentang-PKn-Pendidikan-Kewarganegaraan

  1. Program pendidikan yang dijalankan berdasarkan pada nilai Pancasila. Nilai-nilai Pancasila ini digunakan sebagai tempat untuk mengembangkan diri serta melestarikan nilai luhur & moral, kemudian diwujudkan dalam bentuk suatu perilaku di dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Suatu mata pelajaran yang memiliki fokus dalam pembentukan diri dalam keberagaman, dari segi sosial, agama, bahasa, budaya, suku bangsa, maupun usia untuk menjadi seorang warga negara terampil, cerdas, serta berkarakter dengan berlandaskan Pancasila & UUD 1945.

Tentang Mata Pelajaran Pkn

Tentang-Mata-Pelajaran-Pkn

Mata pelajaran Pkn Pendidikan (Kewarganegaraan) adalah mata pelajaran yang memiliki fokus pada pembentukan warga negara Indonesia dalam memahami dan mampu menjalankan hak serta kewajibannya. Sehingga akan memiliki karakter sesuai UUD 1945 dan Pancasila.

Helmi Hasan menyampaikan bahwa PKn adalah pembelajaran yang mengharuskan guru dan siswanya untuk mengawasi kebijakan dari pemerintah. Sementara itu, Yulinar Nur juga berpendapat bahwa guru Pkn harus memperhatikan adanya 3 kompetensi dalam silabus RPP Pkn.

Sehingga bisa mengontrol kebijakan pemerintah seperti:

  • Peserta didik mampu untuk berfikir rasional, kritis, dan kreatif dalam memberi respon isu-isu mengenai kewarganegaraan.
  • Peserta didik mampu untuk ikut berpartisipasi secara bertanggung jawab dan cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, maupun bernegara.
  • Peserta didik mampu membentuk diri berdasarkan pada berbagai karakter positif masyarakat Indonesia serta masyarakat dunia yang memiliki karakter demokratis.

Visi, Misi, dan Tujuan Pelajaran PKn

Visi-Misi-dan-Tujuan-Pelajaran-PKn

Visi

Visi pelajaran PKn adalah terwujudnya sebuah mata pelajaran yang memiliki fungsi sebagai sarana  nation and character building atau pembinaan karakter bangsa serta pemberdayaan warga negaranya.

Misi

Mata pelajaran PKn memiliki misi yaitu untuk pembentukan warga negara yang baik. Warga negara baik bisa diartikan warganya mempunyai kesanggupan untuk melaksanakan hak & kewajibannya dalam hidup berbangsa serta bernegara, sesuai dalam UUD 1945.

Tujuan

1. Menurut Branson

Branson (199: 7) menyampaikan pendapat bahwa civic education memiliki tujuan berpartisipasi dalam mutu serta bertanggung jawab dalam kehidupan politik & masyarakat, baik tingkat lokal, negara-negara bagian, maupun lingkup nasional.

2. Depdiknas (2006:49)

Pembelajaran PKn memiliki tujuan dalam memberikan berbagai kompetensi, misalnya seperti:

  • Berpikir secara rasional, kritis, dan kreatif di dalam menanggapi berbagai isu kewarganegaraan
  • Berkembang secara demokratis dan positif untuk membentuk dirinya berdasarkan berbagai karakter masyarakat di Indonesia supaya bisa hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
  • Berpartisipasi secara tanggung jawab dan cerdas, bertindak secara sadar di dalam kegiatan masyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  • Berinteraksi dengan berbagai bangsa lain di dalam peraturan dunia dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi secara langsung.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa tujuan Pembelajaran PKn di antaranya:

  1. Peserta didik mempunyai kemampuan berpikir secara kreatif, rasional, dan kritis sehingga dapat memahami berbagai jenis wacana kewarganegaraan
  2. Peserta didik mempunyai keterampilan berpartisipasi dan kemampuan intelektual secara bertanggung jawab dan demokratis
  3. Peserta didik mempunyai kepribadian dan watak baik, yaitu sesuai dengan berbagai norma yang berlaku dalam hidup bermasyarakat serta bernegara.

Sejalan dengan tujuan mata pelajaran PKn, adapun berbagai aspek kompetensi yang hendak dikembangkan pada pelajaran ini adalah mencakup civic knowledge (pengetahuan kewarganegaraan) menyangkut berbagai konsep dan teori.

Konsep dan teori tersebut misalnya seperti hukum, politik, moral, pengetahuan kewarganegaraan, silabus dan RPP PKn SMK KTSP meliputi keterampilan berpartisipasi, keterampilan intelektual dalam hidup berbangsa serta bernegara.

Civic disposition (karakter kewarganegaraan) ini adalah dimensi yang paling essential dan substantif dalam pembelajaran Pkn. Hal itu karena dengan menguasai keterampilan kewarganegaraan dan pengetahuan kewarganegaraan, maka akan membentuk karakter / watak, kebiasaan dan sikap keseharian.

Sehingga sikap tersebut mencerminkan seorang menjadi warga negara yang baik, misalnya seperti:

  • memiliki sikap jujur
  • religius
  • adil
  • menghargai perbedaan
  • demokratis
  • menghormati HAM dan hukum
  • rela berkorban
  • memiliki semangat kebangsaan yang kuat, dsb

Apabila Anda melihat karakteristik pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di atas, maka bisa dilihat bahwa implikasinya lebih banyak tentang pengetahuan mengenai kewarganegaraan. Selain itu juga lebih banyak pengetahuan mengenai HAM, serta hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Selain itu ada juga berbagai proses dan prinsip demokrasi, kurang terlihat adanya pembentukan karakter bangsa yang sesuai dengan nilai-nilai pada Pancasila, berbagai lembaga negara  & keterampilan intelektual ketika merespon permasalahan politik maupun hukum.

Hal-hal di atas bisa Anda ketahui bahwa sama seperti yang sudah diajarkan dalam mata pelajaran kewarganegaraan. Sehingga Anda akan menyadari bahwa mata pelajaran satu ini memang benar-benar dibutuhkan dan diaplikasikan dalam keseharian, kemudian guru juga akan butuh RPP PKn SMK KTSP.

4 Fungsi yang Dimiliki PKn

4-Fungsi-yang-Dimiliki-PKn

  • Membantu generasi muda dalam memperoleh pemahaman mengenai tujuan negara / cita-cita nasional
  • Bisa membuat berbagai keputusan yang cerdas dan mengapresiasikan cita-cita nasional. Dalam hal ini, masyarakat maupun individu akan mampu membuat keputusan yang tidak asal-asalan sesuai nilai-nilai yang ada dalam UUD 1945 dan Pancasila.
  • Bisa mengambil berbagai keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan di dalam menyelesaikan masalah masyarakat, pribadi, maupun negara. Sehingga masalah tersebut diselesaikan dengan berdasarkan pedoman berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila dan UUD 1945.
  • Sebagai wahana dalam membentuk warga negara yang terampil, cerdas, serta berkarakter yang setia kepada bangsa serta negara Indonesia. Hal itu dilakukan dengan merefleksikan dirinya sendiri dalam melakukan kebiasaan berpikir dan bertindak berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila.

Download RPP PKn SMK KTSP Lengkap

Download-RPP-PKn-SMK-KTSP

Apabila Anda seorang guru atau mahasiswa keguruan untuk pelajaran Kewarganegaraan yang membutuhkan RPP untuk tingkat SMK, maka download di sini.

RPP PKn SMK KTSP Kelas 10 (X)

Semester 1

Semester 2

RPP PKn SMK KTSP Kelas 11 (XI)

Semester 1

Semester 2

RPP PKn SMK KTSP Kelas 12 (XII)

Semester 1

Semester 2

Mata pelajaran PKn serta RPP Pkn SMK KTSP memang adalah 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Hal itu karena RPP akan dibutuhkan ketika hendak mempersiapkan materi untuk disampaikan kepada peserta didik.

 

Lihat Juga :

  • Share