Download RPP PKN  Kelas 7 Semester 2 K13

  • Share

Membuat rancangan RPP PKN Kelas 7 Semester 2 adalah hal penting yang harus dilakukan oleh guru. Dengan membuat RPP, pembelajaran yang dilakukan baik secara daring atau tatap muka bisa berjalan dengan lancar.

Semua siswa bisa mendapatkan materi yang sudah disusun sesuai porsi. Guru juga bisa menghindari berbagai hambatan di dalam kelas atau media lain. Dengan kelancaran ini, proses penilaian bisa lebih mudah dan semua indikator terpenuhi.

Materi  RPP PKN  Kelas 7 Semester 2

Sebelum membuat RPP PKN Kelas 7 Semester 2, Anda harus paham terlebih dahulu silabus yang diberikan oleh pemerintah. Dari silabus itu, Anda bisa merancang berbagai materi untuk pembelajaran semester genap. Berikut beberapa materi yang harus diberikan.

1. Keberagaman Suku, Ras, Agama, dan Golongan

Keberagaman-Suku-Ras-Agama-dan-Golongan

Materi pertama akan berhubungan dengan isu SARA di Indonesia. Karena kerangka negeri ini adalah Bhineka Tunggal Ika, sudah sepantasnya siswa paham bagaimana bisa melakukan toleransi dengan baik tanpa harus menyakiti.

Inti dari pembelajaran ini agar mengajak siswa untuk menghargai perbedaan. Apa pun yang berbeda menurutnya belum tentu buruk atau salah. Justri ini harus dihargai agar tidak memicu perpecahan.

2. Melakukan Kerja Sama

Melakukan-Kerja-Sama

Segala hal terkait dengan kerja sama akan dibahas di sini. Kerja sama antara orang ke orang, sampai kerja sama dengan pemerintah atau pihak lain. Kerja sama akan membuat seseorang lebih kuat dan mudah mendapatkan keinginan.

3. Peran Daerah dalam NKRI

Peran-Daerah-dalam-NKRI

Peran daerah di sini bisa dalam bentuk pertanian, menyumbang SDM, hingga hal lain yang bertujuan untuk memperkuat NKRI. Peran ini harus dijaga agar setiap daerah memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

Metode  Pengembangan  RPP PKN  Kelas 7 Semester 2

Penyusunan dan pengembangan RPP untuk materi PKN bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa langkah sederhana di bawah ini. Biasanya Anda hanya perlu membuat satu yang benar, sisanya  bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan.

1. Memperhatikan Detail Waktu

Memperhatikan-Detail-Waktu

Pembelajaran untuk PKN umumnya hanya mendapatkan jatah sekitar 2 jam pelejaran dalam satu minggu. Artinya untuk sekali pertemuan, waktu yang Anda miliki hanyalah 80 menit saja. Dengan waktu yang cukup pendek ini Anda harus bisa membuat rencana yang jelas.

Misal membuat semacam alokasi waktu yang tepat mulai dari awal, materi utama, hingga penutup. Apabila ada materi yang padat, Anda bisa memperbanyak bagian ini dan memotong bagian awal dan akhir agar semua materi tersampaikan dengan sempurna.

2. Membuat Rencana yang Sederhana

Membuat-Rencana-yang-Sederhana

RPP adalah sebuah rencana yang bisa saja berhasil dan berjalan dengan lancar atau justru sebaliknya. Itulah kenapa pembuatan RPP PKN Kelas 7 Semester 2 harus dilakukan dengan sederhana dan tidak banyak merinci hal tidak perlu.

Yang penting Kompetensi Dasar dan Indikatornya sudah bisa disampaikan dengan baik. Kalau pun ada masalah di tengah jalan, Anda bisa melakukan perubahan yang sesuai. Intinya, RPP harus bisa jadi pegangan sementara, tidak memusingkan saat dibaca.

3. Melakukan Simulasi Dahulu

Melakukan-Simulasi-Dahulu

Baik atau tidaknya RPP biasanya ditentukan dengan keberhasilan pembelajarannya atau tidak. RPP yang buruk umumnya tidak memperhatikan waktu hingga salah menuliskan indikator. Semua hanya dibuat untuk sekadar formalitas saja.

Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya, Anda disarankan untuk melakukan simulasi baik mandiri atau micro teaching dengan sejawat. Dari sini akan diketahui ada atau tidaknya hal yang harus ditambal sulam.

4. Meminta Masukan Sejawat

Meminta-Masukan-Sejawat

Apabila micro teaching tidak bisa dilakukan, misal karena rekan banyak yang sibuk dan tidak ada waktu simulasi, coba berikan RPP. Minta mereka untuk membaca RPP tersebut lalu melakukan penilaian secara jujur.

Setelah penilaian dilakukan, Anda bisa melakukan revisi dahulu atau mempertimbangkan masukan. Akan lebih baik jika bisa melakukan diskusi agar apa yang dimaksud oleh sejawat bisa dipahami dengan mudah dan tidak ada misinformasi.

Menyusun Media Pembelajaran PKN Kelas 7 Semester 2

Berbeda dengan mata pelajaran lainnya seperti Sains atau Matematika, pembuatan media pembelajaran untuk PKN cenderung lebih sulit. Pertama karema materinya lebih banyak berkaitan dengan teori dan hafalan.

Kedua, mata pelajaran ini kerap diabaikan oleh banyak siswa. Jadi, media jenis apa pun yang dibuat akan membuat mereka menjadi malas. Untuk menyiasati semua itu, susu media pembelajaran dengan beberapa poin di bawah ini.

1. Gunakan Media Audio Visual

Gunakan-Media-Audio-Visual

Pembelajaran bisa lebih mudah diterima dan memicu konsentrasi bila ada elemen audio visualnya. Hindari memberikan pembelajaran yang isinya hanya mencatat atau menghafal saja. Tidak semua anak memiliki ingatan yang baik sehingga mereka sulit mengikuti pembelajaran.

Anda bisa menggunakan video untuk memberikan materi. Misal dengan memberikan ilustrasi atau sengaja membuat rekaman sendiri. Pembelajaran yang menarik akan membuat siswa jadi semangat dan memahami semua materi yang diberikan setiap pertemuannya.

2. Hindari yang Banyak Menghafal

Hindari-yang-Banyak-Menghafal

Apa pun jenis media yang Anda gunakan, hindari untuk memasukkan elemen hafalan di sana. Jika hal ini dilakukan, siswa akan malas untuk menyimak. Mereka hanya sekadar mencatata saja agar tidak ada materi yang terlupakan. Setelahnya, mereka akan lupa jika tidak membaca.

Pelajaran PKN identik sekali dengan materi menghafal khususnya yang berhubungan dengan pasal dan Undang-Undang. Pembelajaran PKN  seharusnya yang sederhana dan mudah dipahami. Meski materinya agak berat, siswa  tidak akan merasa pusing saat mengikuti.

3. Bisa Membuat Semacam Drama

Bisa-Membuat-Semacam-Drama

Media pembelajaran banyak jenisnya mulai dari yang manipulatif sampai ke media digital. Anda bisa menggunakan media lain yakni seni. Gunakan semacam drama atau pertunjukan yang berisi nilai-nilai yang berhubungan materi.

Misal materi yang akan diambil adalah keberagaman suku, ras, dan agama yang ada di Indonesia. Minta siswa untuk membuat semacam drama singkat terkait dengan toleransi dan saling menghargai sesuai dengan Bhineka Tunggal Ika.

4. Media Konsep Permainan Akan Lebih Baik

Media-Konsep-Permainan-Akan-Lebih-Baik

Jenis pembelajaran yang diterapkan oleh para ahli jenisnya ada banyak. Semuanya metode memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Namun, pembelajaran yang mengusung elemen permainan di dalamnya akan lebih mudah diterima oleh banyak siswa.

Misal ada materi yang bisa dibuat menjadi permainan. Anda bisa membentuk kelompok yang isinya beberapa orang. Mereka harus melakukan aturan tertentu sesuai dengan materi. Di akhir pembelajaran dan permainan, Anda bisa menjelas kesimpulan dari apa yang sudah dilakukan.

Download RPP PKN Kelas 7 Semester 2

Download-RPP-PKN-Kelas-7-Semester-2

Pada praktiknya, membuat RPP PKN Kelas 7 Semester 2 bukan pekerjaan yang mudah. Meski pemerintah sudah membuatkan garis besar, guru kerap terganjal dengan metode pembelajaran sampai ke proses pembagian waktu dan penilaian.

Untuk memudahkan Anda dalam membuat RPP atau mungkin ingin melakukan modifikasi, kami sudah menyiapkan beberapa contoh yang bisa dipakai. Unduh RPP PKN Kelas 7 untuk Semester 2 dengan mengakses tautan berikut ini.

Download RPP PKN Kelas 7 Semester 2 Terbaru (UPDATE!!)

RPP 1 Lembar Bab 1

RPP 1 Lembar Bab 2

RPP 1 Lembar Bab 3

RPP 1 Lembar Bab 4

Semoga pembahasan terkait RPP PKN Kelas 7 Semester 2 di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan. Jika ada yang kurang, Anda bisa melakukan tambal sulam agar sesuai dengan kondisi peserta didik yang dimiliki.

 

Lihat Juga :

  • Share