Kompetensi Guru Abad 21 yang Wajib Dimiliki

  • Share

Abad 21 ini memiliki perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu pesat. Tentu saja perkembangan ilmu pengetahuan ini terjadi di segala bidang. Salah satu bidang yang mengalami kemajuan pesat tersebut adalah pendidikan. Hal ini kemudian mengangkat wacana kompetensi guru abad 21.

Ada yang pernah mendengar susunan kata seperti itu? Biasanya kompetensi guru abad 21 dikait-kaitkan dengan nama generasi Z. Generasi Z sendiri adalah merka yang lahir pada tahun 2010 atau setelahnya. Mari kita sedikit melakukan pembahasan mengenai istilah tersebut pada artikel ini.

Tantangan Guru di Abad 21

Tantangan-Guru-di-Abad-21

Di era saat ini, informasi berputar dengan sangat cepatnya. Hal ini memberikan perubahan yang begitu besar terhadap dunia. Perubahan ini semakin terasa dan berdampak pada berbagai bidang. Salah satunya adalah dunia pendidikan.

Guru saat ini memiliki tantangan yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Bukan tanpa alasan, saat ini guru menghadapi generasi Z yang dikenal dengan daya nalar yang jauh lebih baik karena dampak besar dari fasilitas teknologi yang mereka miliki.

Menghadapi kondisi seperti ini maka dibutuhkan guru dengan kreativitas dan kecerdasan yang tinggi. Pasalnya mereka harus mampu bersaing dengan tuntutan zaman saat ini. Ada 8 buah tantangan bagi guru masa kini yang mutlak harus dihadapi.

  1. Tantangan untuk memberikan pembelajaran kepada masyarakat dengan latar budaya yang berbeda.
  2. Memberikan materi pembelajaran kepada mereka yang memiliki kemampuan bahasa yang baik.
  3. Lebih fokus untuk melakukan konstruksi pada ayat-ayat yang tersirat di sekolah
  4. Mendidik siswa agar muncul keinginannya untuk aktif dalam dunia pembelajaran.
  5. Melakukan integrasi antara pembelajaran dan teknologi.
  6. Tantangan untuk memberikan sudut pandang yang baru kepada setiap jenis kemampuan yang dimiliki oleh para peserta didik.
  7. Mengajar dan memberikan pilihan hidup kepada para peserta didik
  8. Mengajar dan mendidik para peserta didik untuk selalu bersikap akuntabilitas

Demi menghadapi beberapa tantangan di atas, guru dituntut untuk terus melakukan perbaikan dan pengembangan pada materi pendidikan yang digunakan saat ini. Hal ini pula yang kemudian memunculkan istilah kompetensi abad 21 untuk pra guru.

Kompetensi Guru Abad 21

Guru terbaik adalah mereka yang bisa memenuhi tantangan yang ada saat ini. Sudah tentu mereka juga bisa memenuhi syarat teknis dan kualifikasi akademis yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Pemerintah membagi kompetensi guru abad ke-21 ini menjadi 4 bagian.

1. Kompetensi Pedagogik

Kompetensi-Pedagogik

Kompetensi pertama adalah pedagogic. Ada yang pernah mendengar istilah pedagogic ini? Pedagogic adalah seberapa hebat kemampuan yang dimiliki oleh seorang guru untuk menyampaikan sebuah informasi pada muridnya. Kompetensi ini terbagi atas 9 poin utama.

  • Memiliki pemahaman yang baik mengenai karakteristik peserta didik dilihat dari berbagai aspek yang ada mulai kultur, sosial, intelektualitas dan fisik.
  • Mempertimbangkan latar belakang keluarga dari masing-masing peserta didik pada saat memberikan pembelajaran.
  • Memahami apa saja yang menjadi kesulitan dan bagaimana gaya belajar masing-masing dari para peserta didik yang ada saat ini.
  • Bisa melihat perkembangan potensi dari salah seorang peserta didik dan berusaha untuk memfasilitasinya.
  • Menguasai prinsip dan teori pembelajaran dengan matang
  • Mampu menciptakan kurikulum yang bisa menstimulasi para peserta didik agar terlibat aktif.
  • Merancang materi pembelajaran yang bisa berdampak positif pada peserta didik
  • Melaksanakan proses pembelajaran yang mendidik
  • Melakukan evaluasi dari hasil pembelajaran yang dilakukan.

Sembilan poin utama dari kompetensi pedagogik tersebut merupakan gerbang utama yang bisa membawa Anda dan para peserta didik menuju ke taraf kualitas pendidikan yang jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya.

2. Kompetensi Profesional

Kompetensi-Profesional

Selain kompetensi Pedagogik ternyata masih ada kompetensi lain yang juga wajib dipenuhi oleh guru abad 21. Kompetensi ini terbagi menjadi 5 poin utama yang harus Anda renungi secara mendalam. Terutama bagi Anda yang bekerja sebagai tenaga pengajar.

  • Menguasai metodologi ilmu dan substansi sebuah bidang studi dengan sangat matang
  • Memiliki pemahaman yang sangat mendalam mengenai materi kurikulum dan struktur bidang studi yang ada.
  • Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana untuk melakukan pembelajaran.
  • Mampu mengorganisir materi kurikulum pada setiap bidang studi yang ada
  • Meningkatkan kualitas pembelajaran yang ada di kelas dengan metode penelitian tindakan kelas.

Kompetensi profesional ini bisa dibilang sebagai tangga lain yang bisa meningkatkan kualitas pendidikan dalam negeri dari ruang lingkup para pendidik. Karenanya pemerintah terus melakukan pelatihan supaya mayoritas guru mampu mencapai kompetensi satu ini.

3. Kompetensi Kepribadian

Kompetensi-Kepribadian

Jenis kompetensi lain yang wajib dimiliki oleh seorang tenaga pengajar di abad 21 ini adalah kompetensi kepribadian. Sama seperti kompetensi profesional, kompetensi kepribadian ini juga terbagi menjadi 5 poin utama.

  • Mampu memperlihatkan diri sebagai sosok pengajar yang stabil, mantap, dewasa berwibawa dan arif bijaksana.
  • Mampu menjadikan diri sebagai contoh pribadi yang berakhlak mulia di depan para peserta didik
  • Memiliki etika, perilaku dan sikap yang baik. Hal ini direalisasikan dengan cara berpakaian yang sopan dan tutur bahasa yang sesuai.
  • Mampu melakukan evaluasi terhadap kinerja sendiri
  • Memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri secara berkesinambungan

Kompetensi kepribadian ini akan mengajarkan para peserta didik untuk memiliki karakter yang tangguh, namun tetap berbudi pekerti luhur dengan menjadikan guru mereka sebagai role model. Jadi kepribadian tidak diajarkan secara langsung, tapi dicontohkan oleh para guru kepada murid.

4. Kompetensi Sosial

Kompetensi-Sosial

Kompetensi Guru Abad 21 lainnya adalah kompetensi sosial. Berikut ini beberapa pilar kompetensi sosial yang wajib untuk dipenuhi oleh seorang guru masa kini.

  • Mampu melakukan komunikasi secara empatik dan efektif dengan para peserta didik, orang tua dari peserta didik, sesama pendidik yang ada di lingkungan kerja, seluruh tenaga kependidikan dan masyarakat pada umumnya.
  • Mampu untuk berkontribusi terhadap fase pengembangan pendidikan di sekolah dan di masyarakat pada umumnya.
  • Memiliki kontribusi terhadap proses pengembangan kualitas pendidikan di berbagai tingkat dari mulai lokal, regional, atau bahkan hingga ke tingkat nasional.
  • Memaksimalkan fungsi dari teknologi informasi sebagai sarana untuk memaksimalkan proses pendidikan.
  • Memiliki perilaku, sikap, etika dan tata bahasa yang baik sesuai norma yang berlaku saat ini.

Kompetensi sosial memiliki peranan besar untuk membangun karakteristik para peserta didik. Disini mereka akan belajar untuk mendapatkan nilai-nilai sosial dari guru melalui proses KBM yang dilakukan setiap harinya.

Mengapa Penting Bagi Guru Untuk Memahami Kompetensi Pedagogic?

Mengapa-Penting-Bagi-Guru-Untuk-Memahami-Kompetensi-Pedagogic

Dari beberapa kompetensi guru abad 21 yang sudah kami jelaskan, kompetensi pedagogik memegang peranan yang paling besar dibandingkan dengan jenis kompetensi lainnya. Dampaknya epada para peserta didik akan terasa secara langsung.

Kompetensi satu ini juga memiliki hubungan langsung dengan kemampuan untuk mengelola para peserta didik yang ada di dalam jangkauan pengajarannya. Dengan pemahaman yang baik terhadap kompetensi pedagogik ini, guru bisa lebih mudah dalam perencanaan dan pelaksanaan pendidikan ini lebih jauh.

Hal ini sudah tentu akan memberikan dampak yang begitu besar terhadap etos belajar dari para siswa itu sendiri. Terlebih jika kemampuan pedagogik ini dikombinasikan dengan tiga jenis kompetensi lain yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

 

Lihat Juga :

  • Share