Download KKM Kelas 6 Kurikulum 2013

  • Share

Kriteria kelulusan minimum atau KKM kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018 adalah salah satu instrumen terpenting dalam pembelajaran. Dengan instrumen ini guru bisa menentukan kategori dari siswa apakah dia sudah lulus pada materi tersebut atau harus mengulang kembali.

Penentuan KKM tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa hal yang harus dihitung sehingga setiap sekolah akan memiliki KKM yang berbeda-beda. Terkadang lebih tinggi dan tidak jarang bisa lebih rendah tergantung dengan karakteristik siswa dan tingkat kesulitan mata pelajaran.

Fungsi dari KKM

Fungsi-dari-KKM

KKM atau kriteria kelulusan minimum dibuat untuk beberapa fungsi di bawah ini. Itulah kenapa mulai K13 semua kriteria harus dibuat dengan jelas dan disosialisasikan pada siswa atau orang tua. Berikut fungsi dari KKM.

1. Acuan Penilaian

Fungsi pertama dari KKM adalah sebagai acuan dalam penilaian. Acuan ini akan memudahkan guru dalam membuat soal sesuai dengan standar. Jadi mereka akan tahu seperti apa kondisi dari siswa dan juga kemampuan mereka.

Bisa pada mata pelajaran tertentu seperti Matematika, tentu KKM yang diberikan tidak akan lebih tinggi dari mata pelajaran lain yang lebih mudah. Inilah mengapa KKM harus dibuat dengan melakukan diskusi yang baik antara banyak guru dan pihak sekolah.

2. Acuan Siswa dalam Belajar

KKM juga akan menjadi dasar bagaimana siswa akan belajar. Apabila KKM yang ditentukan sekolah tidak terlalu tinggi kemungkinan besar siswa akan belajar seadanya saja. Selama masih bisa menyentuh KKM mereka tidak akan melakukan remedial atau mengulang pelajaran.

Sebaliknya jika KKM dibuat lebih tinggi, mau tidak mau siswa akan belajar lebih keras. Jika dia tidak bisa melakukannya risiko untuk mendapatkan nilai di bawah KKM makan besar. Dia tidak akan mampu mencapainya sehingga kemungkinan besar akan mengulang.

3. Komponen Evaluasi Belajar

KKM juga digunakan untuk melakukan evaluasi belajar untuk sekolah secara umum. Jadi sekolah bisa menentukan seperti apa metode pembelajaran yang sesuai agar semua siswa bisa memenuhi standar dan berada di atas KKM.

Misal sekolah membuat KKM terlalu tinggi pada mata pelajaran tertentu. Saat evaluasi dilakukan banyak sekali siswa yang berada di bawah KKM atau standar. Dari sana sekolah bisa melakukan evaluasi apakah KKM yang ditentukan terlalu tinggi atau metode pembelajaran yang dilakukan tidak baik.

4. Kontrak Guru dan Murid

Secara tidak langsung KKM akan menjadi kontrak pedagogik antara guru dan murid. Guru akan menyampaikan standar yang dimiliki agar siswa mampu melakukan semua dengan baik dan tidak belajar secara sembarangan.

Guru juga akan menyampaikan bagaimana cara merekam mengajar agar siswa mendapatkan nilai sesuai dengan standar. Dengan kerjasama antara guru dan murid yang baik semua mata pelajaran yang dilakukan akan sesuai dengan standar dan berada di atas KKM.

5. Standar Sekolah

Memiliki KKM yang tinggi dan semua siswa dari dalamnya berhasil melaluinya adalah suatu nilai tersendiri bagi sekolah. Itulah kenapa KKM bisa digunakan menjadi standar sekolah sehingga orang lain bisa menilai seperti apa kemampuan dari siswa yang ada di sini.

Meski saat ini hampir sebagian besar sekolah mendapatkan siswa di sekelilingnya karena sistem zonasi. Standar sekolah tetap saja bisa dijaga sehingga KKM yang dimiliki bisa lebih tinggi atau lebih rendah dari sekolah lain.

Cara Menentukan KKM

KKM kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018 umumnya hanya berisi panduan yang akan digunakan guru menentukan standar. Dari panduan ini KKM bisa saja berbeda antara mata pelajaran satu dengan lainnya.

Secara umum penentuan KKM bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa komponen penting di bawah ini.

1. Karakteristik dari siswa yang diajar

Karakteristik-dari-siswa-yang-diajar

Karakteristik atau jenis dari siswa yang akan diajar juga menentukan berapa besar dari KKM yang akan ditetapkan. Semakin tinggi kualitas dari siswa maka nilai yang ditetapkan akan semakin tinggi.

Sebaliknya jika siswa memiliki nilai tidak terlalu besar kemungkinan besar KKM yang ditentukan juga tidak akan tinggi. Itulah kenapa guru kelas atau sekolah harus mampu mengenali kriteria siswa yang ada di dalamnya.

Hal ini bisa dilihat dari nilai yang dimiliki oleh siswa pada mata pelajaran tertentu. Apabila sebagian besar siswa memiliki nilai yang bagus kemungkinan besar pada poin ini nilainya bisa dibuat lebih tinggi. Begitupun sebaliknya jika rata-rata nilai siswa tidak terlalu baik.

2. Tingkat kesulitan mata pelajaran

Tingkat-kesulitan-mata-pelajaran

Mata pelajaran memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Bisa pada pelajaran Matematika, KKM yang ditentukan tidak bisa lebih tinggi dari beberapa pelajaran yang jauh lebih mudah. Apabila dibuat lebih tinggi kemungkinan besar akan banyak siswa yang tidak lulus KKM.

Itulah kenapa guru dan pihak sekolah harus bisa menentukan tingkat kesulitan dari mata pelajaran. Umumnya beberapa mata pelajaran dianggap sulit atau dianggap mudah oleh siswa sehingga nilai KKM bisa tinggi atau rendah.

3. Daya dukung sekolah

Daya-dukung-sekolah

Daya dukung sekolah seperti adanya fasilitas dan juga kondisi dari guru juga menentukan dari KKM itu. Besok sekolah dengan standar yang cukup tinggi tidak akan mungkin memberikan KKM yang rendah karena bisa membuat siswa tidak memiliki motivasi lagi dalam belajar.

Itulah kenapa kriteria dari sekolah juga akan menentukan seberapa besar KKM yang akan dimiliki. Semakin tinggi posisi sekolah KKM juga akan ikut melambung.

Evaluasi dan Remedial pada Siswa

Evaluasi-dan-Remedial-pada-Siswa

KKM akan menentukan apakah siswa harus melakukan remedial atau sudah lulus sehingga bisa lanjut ke jenjang yang lebih tinggi. Misal siswa bisa naik kelas atau bisa lanjut ke semester selanjutnya tanpa harus melakukan pengulangan materi berulang-ulang.

Biasanya selain menentukan KKM, guru juga akan menentukan metode evaluasi lanjutan atau remedial yang harus dilakukan. Bisa siswa harus mengerjakan lagi soal-soal yang sudah dilakukan sebelumnya atau mengerjakan proyek lain untuk mendongkrak nilainya.

Guru kelas bisa menentukan sendiri seperti apa  metode remedial. Selain, itu mereka juga bisa melakukan diskusi dengan siswa sehingga semua kompetensi yang sudah dibuat bisa dilalui tanpa ada satu yang tertinggal.

Download KKM Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Download-KKM-Kelas-6-Kurikulum-2013-Revisi-2018

Setiap mata pelajaran umumnya akan memiliki kriteria penentuan KKM yang berbeda-beda. Guru hanya perlu menyisihkan semua data yang perlu ke dalam kolom yang sudah tersedia untuk menghitung berapa rata-rata nilai yang digunakan sebagai batas.

Jika anda ingin menghitung KKM dengan mudah, bisa menggunakan tautan yang ada di bawah ini. Semua materi yang ada pada kelas 6 mulai dari semester 1 sampai 2 bisa langsung digunakan untuk membuat KKM sesuai dengan kondisi siswa saat ini.

Download KKM kelas 6 K13 revisi 2018 Semester 1

Download KKM kelas 6 K13 revisi 2018 Semester 2

KKM kelas 6 kurikulum 2013 revisi 2018 akan digunakan untuk melakukan evaluasi pada siswa. Panduan tersebut bisa digunakan untuk menentukan berapa standar atau batas bawah untuk mengetahui apakah siswa sudah lulus atau harus mengulang agar nilainya bisa meningkat.

Penentuan KKM ini bisa dilakukan antara guru-guru yang ada di sekolah atau juga melakukan rapat dengan beberapa guru antar sekolah yang saling berhubungan. Namun, kembali lagi jika kondisi dari siswa dilihat dari nilai raport pada tahun sebelumnya.

 

Lihat Juga :

  • Share